Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Penyebab Central Lock Mobil Bermasalah

Kompas.com - 26/08/2022, 12:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Central lock menjadi salah satu sistem keamanan wajib pada setiap mobil. Dengan menekan satu tombol saja pada bagian pengemudi, semua pintu otomatis akan terkunci atau sebaliknya.

Karena itu, pengemudi mobil tak perlu khawatir ada pintu yang belum terkunci. Terlebih jika membawa anak-anak yang suka bermain dengan panel pintu. 

Meskipun demikian, sistem central lock pintu mobil pun sama halnya dengan komponen mobil lainnya, yakni bisa bermasalah.

Hal tersebut bisa dikarenakan ada komponen yang tak bekerja karena usia, atau memang mengalami kerusakan.

Baca juga: Pertalite Diisukan Naik, Pendaftar MyPertamina Tembus Lebih dari 800.000 

Kepala Bengkel Nissan Setyabudi Semarang Andika Herda Permana mengatakan, masalah pada central lock bisa disebabkan beberapa faktor. Umumnya karena mekanikal yang bermasalah, atau bisa juga dari instalasi. 

"Kalau kerusakan paling banyak yang terjadi biasanya disebabkan mekanikal seperti dinamo, instalasi, atau malah dari remote kunci," ucap Andika kepada Kompas.com, Jumat (26/8/2022). 

Ilustrasi instalasi central lockDicky Aditya Wijaya Ilustrasi instalasi central lock

Untuk memahami kerusakan komponen, Andika menyebut, harus dianalisa satu persatu dari gejala yang terjadi.

Contohnya, pintu tetap tidak bisa terkunci meski remote ditekan berulang kali. Kemudian, mekanikal tetap tidak merespon ketika posisi sudah terkunci. 

"Pastikan dahulu apakah baterai remote habis. Karena biasanya banyak keluhan pelanggan ternyata masalah cuma baterai habis. Kemudian kalau bukan dari baterai bisa dilanjut dengan cek instalasi. Di urutkan saklar yang rusak, kabel putus, atau dinamo," kata Andika. 

Sementara itu, Ragil, pemilik Bengkel Pintu Mobil Ragil mengatakan, kerusakan central lock paling banyak terjadi karena kawat penghubung dinamo motor penggerak, dan tuas pintu putus. 

Baca juga: Mana Lebih Irit, Mobil Transmisi Matik atau Manual?

Ilustrasi interior Toyota Vios terbaruDok. Toyota Thailand Ilustrasi interior Toyota Vios terbaru

Biasanya, hal ini dikarenakan mekanisme kerja pengait motor penggerak dan central lock terlalu sering digunakan. 

"Meski bisa dibilang sepele kawat yang putus bisa membuat keseluruhan mekanisme central lock macet. Kawat pengait menghubungkan beberapa komponen sekaligus seperti motor penggerak, saklar central lock, dan dinamo motor penggerak," ujarnya. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com