Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Segera Pensiun, Dovizioso Tidak Sabar Balapan di Misano

Kompas.com - 25/08/2022, 19:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Andrea Dovizioso saat ini jadi pebalap paling senior di kelas MotoGP. Pada usianya yang ke-36, Dovizioso mengaku sudah siap untuk pensiun.

Sebelumnya, Dovizioso sudah memutuskan bahwa dia akan mengakhiri kontraknya dengan Yamaha lebih awal. Bukan pindah tim, melainkan untuk pensiun dari karirnya di MotoGP.

Baca juga: Crutchlow Siap Menggantikan Posisi Dovizioso Sampai Akhir Musim

Padahal, kontraknya baru selesai di akhir musim ini. Tapi, Dovizioso ingin balapan terakhirnya sebagai pebalap MotoGP dilakukan pada MotoGP San Marino di Sirkuit Misano, Italia.

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2022. (Photo by BAY ISMOYO / AFP)BAY ISMOYO Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2022. (Photo by BAY ISMOYO / AFP)

Alasan dia untuk menyudahi karirnya di Misano adalah karena seri tersebut akan menjadi balapan kandang terakhirnya. Untuk itu, dia ingin merayakannya bersama keluarga dan teman-temannya.

Menurut Dovizioso, lebih baik untuk pensiun lebih awal. Sebab, butuh motivasi yang lebih besar untuk terus balapan hingga akhir musim. Khususnya, karena kondisi motor Yamaha YZR-M1 saat ini jauh dari kompetitif.

Baca juga: Alasan Dovizioso Ingin Pensiun Setelah MotoGP San Marino

Seri berikutnya adalah MotoGP San Marino yang akan digelar pada 4 September 2022. Dovizioso mengaku tidak sabar untuk balapan di Misano.

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021Gold and Goose Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021

"Saya tidak takut atau tidak senang. Saya senang berhenti di Misano. Saya memang ingin seperti itu. Saya tidak sabar untuk mengakhiri karir saya di Misano bersama teman-teman dan keluarga," ujar Dovizioso, dikutip dari Speedweek.com, Kamis (25/8/2022).

Selama menjadi pebalap MotoGP, Dovizioso sudah berhasil mengoleksi 62 podium, tujuh pole position, dan 15 kemenangan, sejak 2008 hingga sekarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com