Aveta SVR180, Motor Baru Bikinan Malaysia

Kompas.com - 03/08/2022, 15:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Malaysia punya merek sepeda motor nasional dengan nama Modenas. Namun selain Modenas ada juga merek lain pendatang baru yaitu Aveta yang murni buatan Negeri Jiran.

Mengutip zigwheels, Aveta baru terjun di pasar roda dua Malaysia pada 2020. Sejak itu pabrikan sudah meluncurkan beberapa model, mulai Aveta DY90 dan RX110 kemudian Aveta VS110 dan V13R.

Baca juga: Pentingnya Menjaga Jarak Aman Saat Berhenti di Lampu Merah

Aveta SVR180Foto: Paultan.org Aveta SVR180

Mengutip Paultan, belum lama ini Aveta meluncurkan Aveta SVR180. Motor ini merupakan super moped pertama alias motor bebek performa tinggi Aveta yang baru dijual untuk pasar Malaysia.

Mengulik desain SVR180, fasia depan terinspirasi Kawasaki Z1000. Dilengkapi dengan lampu depan LED dan lampu siang hari alias DRL yang terintegrasi. Bagian belakangnya cukup moderat mengikuti desain di depan.

Panel kluster digital. Tersedia outlet pengisian USB untuk isi daya gawai. Kaki-kaki pakai pelek 17 inci dibalut ban depan 90/80 dan ban belakang 120/70. Suspensi depan teleskopik dan belakang monoshock.

Baca juga: Beli Motor Custom Harus Siap Konsekuensi Harga Jual Kembali

Aveta SVR180Foto: Paultan.org Aveta SVR180

Rem cakram depan belakang namun belum ABS. Ditengarai untuk menjaga harganya masih masuk akal sebab SVR180 bertarung di segmen yang di Malaysia disebut kapcai.

Mesinnya 175 cc, DOHC silinder tunggal 175 cc berpendingin cairan yang menghasilkan tenaga 16,8 tk dan torsi 15,5 Nm. Tenaga ditransmisikan ke roda belakang pakai rantai melalui girboks enam percepatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.