Kompas.com - 03/08/2022, 14:21 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini beredar rumor bahwa PT Toyota Astra Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) telah menghentikan produksi sedan Vios di pabrik perakitan Karawang, Jawa Barat.

Kabar ini menyeruak setelah video yang memperlihatkan perpisahan sejumlah karyawan pabrik beredar di media sosial. Pada rekaman itu juga terlihat para pekerja membawa potongan kertas yang bertuliskan “Sayonara Vios”.

Meski begitu, Direktur Corporate Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam, belum mau berkomentar lebih lanjut mengenai kabar penghentian produksi Vios di Indonesia.

Baca juga: Awas Macet, Ini Titik Pelebaran Lajur di Ruas Tol Jakarta-Cikampek

Bob mengatakan, untuk saat ini pasokan Vios ke konsumen masih terjaga, namun dirinya juga tidak membantah kabar penghentian produksi tersebut.

"Bersama dengan TAM, kami memastikan pasokan model Vios untuk konsumen terjaga. Selain itu kami akan memberitahukan kepada teman-teman media pada waktunya." ujar Bob Azam Direktur Corporate Affairs TMMIN.

Ilustrasi Toyota Vios terbaru.Toyota Malaysia Ilustrasi Toyota Vios terbaru.

Lantas, jika hal tersebut benar terjadi, apakah Toyota akan memboyong Vios terbaru dari Thailand yang akan meluncur pada 9 Agustus mendatang?

“Untuk next product baru, saya belum komentar sekarang ya,” ucap Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (2/8/2022).

Memang tak menutup kemungkinan bahwa Toyota Vios generasi terbaru yang akan meluncur di Thailand bakal diboyong untuk pasar Indonesia, terlebih lagi jika nantinya TMMIN mengumumkan informasi secara resmi penghentian produksi Vios di Tanah Air.

Sebagai informasi, Vios anyar yang akan meluncur di Thailand dipasarkan sebagai Yaris Ativ. Mobil ini akan dibekali dua pilihan mesin, yakni konvensional 1.2L dan 1.5L hybrid.

Belum diketahui seperti apa dapur pacu Vios hybrid. Namun, tampaknya mesin tersebut merupakan pengembangan dari penggerak hibrida 1.500 cc milik Toyota Aqua di pasar Jepang.

Toyota Raize GR Sport Two Tone Non-TSSKOMPAS.com/STANLY RAVEL Toyota Raize GR Sport Two Tone Non-TSS

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.