Kementerian ESDM Siap Konversi 1.000 Unit Motor BBM Jadi Motor Listrik

Kompas.com - 03/08/2022, 17:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam rangka mendorong ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, Kementerian ESDM berencana untuk meningkatkan program konversi, dengan sasaran sepeda motor operasional atau motor dinas milik BUMN dan Pemerintah Daerah.

Direktur Konservasi Energi Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan Dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) Kementerian ESDM Luh Nyoman Puspa Dewi, mengatakan, saat ini proses konversi motor listrik masih terhambat oleh tingginya biaya dalam pengadaan komponen.

Menurutnya, sebagian harga komponen untuk proses konversi mahal karena pabriknya belum ada di Indonesia. Karenanya, pihaknya harus merogoh kocek untuk impor.

Baca juga: Sayonara Vios, Toyota Indonesia Setop Produksi Vios?

Kemenkop UKM Teken Kerja Sama Dengan Kementerian ESDM, Berdayakan UKM untuk Konversi Motor Listrik DOKUMENTASI HUMAS KEMENKOP UKM Kemenkop UKM Teken Kerja Sama Dengan Kementerian ESDM, Berdayakan UKM untuk Konversi Motor Listrik

"Kalau kamu mau mengganti dari motor BBM ke listrik tapi kalau harganya sama dengan membeli motor baru kan jadi berat," ucap Dewi, dalam webinar ‘Prospek Pemulihan Ekonomi Indonesia di Tengah Perubahan Geopolitik Global Pascapandemi’, Selasa (2/8/2022).

Oleh karena itu, Kementerian ESDM akan bekerja sama dengan produsen komponen untuk mendapatkan harga yang ekonomis.

Kemudian, Dewi mengaku pihaknya telah bekerjasama dengan bengkel-bengkel Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk melakukan pelatihan konversi motor BBM ke listrik.

Baca juga: Beli Yamaha Fazzio Masih Inden, Yamaha Minta Maaf

Ia mengatakan setidaknya ada 50 bengkel UKM telah dilatih untuk program konversi 1.000 unit motor untuk tahun ini. Menurutnya, proses konversi motor BBM menjadi motor listrik ini juga bisa menghidupkan ekonomi bengkel UKM.

"Itu yang sedang kami lakukan. Kami mencoba bagaimana cara memperbanyak (motor listrik). Nanti banyak peran juga di sini. Bengkel-bengkel muncul. Pasarnya akan muncul, bengkel akan beraktivitas," kata Dewi.

Sebagai informasi, tahun ini Kementerian ESDM telah menargetkan akan mengubah 1.000 unit sepeda motor BBM menjadi motor listrik.

Baca juga: Banyak Motor Listrik di GIIAS 2022, Ini Komentar Gaikindo

Konvoi konversi motor listrik Kementerian ESDMKementerian ESDM Konvoi konversi motor listrik Kementerian ESDM

Dewi juga mengatakan, pihaknya telah mengkonversi motor BBM ke listrik sebanyak 100 unit pada tahun lalu.

"ESDM sedang mencoba melakukan konversi dari motor BBM ke motor listrik. Uji coba seratus (tahun lalu), tahun ini akan uji coba 1.000 unit," ujar Dewi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.