Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kendaraan Listrik Bakal Ramaikan IKN Nusantara

Kompas.com - 30/07/2022, 13:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko memastikan kendaraan listrik akan digunakan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara seiring dengan tekad untuk menjadikan kawasan terkait sebagai smart city.

Apalagi, kendaraan listrik dapat menjadi embrio sebagai autonomous car alias mobil tanpa awak dan bisa mengendalikan dirinya sendiri. Pengoperasian pada kendaraan jenis ini berdasarkan radar guna meminimalisir kecelakaan di jalan.

"Iya itu (kendaraan listrik) akan menjadi salah satu embrio untuk mobil drive less, mobil yang autonomous ke depan. Itu salah satu yang kita persiapkan ke depan," ujar Moeldoko, Jumat (29/7/2022).

Baca juga: DAMRI Sediakan Angkutan untuk Dukung Asean Para Games 2022

Metropod buatan PT Mobil Anak Bangsa (MAB)KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Metropod buatan PT Mobil Anak Bangsa (MAB)

"Pastinya nanti akan ada di IKN, karena ini adalah produk kami yang pertama (Metropod) dan kita sudah antisipasi kesana untuk kebutuhan di sana," lanjut dia.

Adapun Metropod, merupakan kendaraan feeder untuk mengantarkan warga dari satu titik ke titik lain, dengan jarak 2-3 kilometer. Sehingga masyarakat menjadi tertarik dalam menggunakan transportasi umum.

Ke depan, Metropod ini juga akan dibenamkan teknologi otonom apabila regulasi untuk kendaraan jenis tersebut sudah dirumuskan pemerintah.

"Sekarang ini disiapkan sebagai feeder ya jadi kalau orang turun dari bus atau stasiun dan mau ke perumahan dengan mobil metropod itu bisa mengantarkan sampe ke depan rumah. Muatannya sampai 9 orang," kata Moeldoko.

Baca juga: Jangan Panik, Ini Cara Buka Pintu Mobil saat Baterai Remote Habis

Prototipe Metropod buatan PT Mobil Anak Bangsa dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Rabu (27/7/2022). Prototipe kendaraan listrik mungil yang dijadikan kendaraan feeder ditargetkan bakal masuk jalur produksi massal di tahun depan.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Prototipe Metropod buatan PT Mobil Anak Bangsa dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Rabu (27/7/2022). Prototipe kendaraan listrik mungil yang dijadikan kendaraan feeder ditargetkan bakal masuk jalur produksi massal di tahun depan.

Lebih jauh, Moeldoko menyebut pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 yang diselenggarakan di JiExpo Kemayoran ini bisa menjadi pemicu dan pemacu bagi masyarakat luas, termasuk industri.

"Kemudian, menjadi pemicu bagi pengguna kendaraan mobil listrik dengan melihat seperti ini jadi berpikir, oh ternyata mobil listrik tak seribet seperti yang kita pikirkan," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com