Respons Transmisi Matik Lambat, Coba Cek Komponen Ini

Kompas.com - 12/07/2022, 17:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Tak jarang ketika mobil matik dipakai jalan para pengemudi menemukan beberapa gejala aneh berasal dari bagian transmisi.

Bisa dari suara dengung, sulit ketika mengoper gigi transmisi, atau adanya delay saat pertama kali akan jalan. 

Untuk mengetahuinya, Kepala Bengkel Nissan Setyabudi Semarang Andika Herda Permana mengatakan, adanya anomali bisa dibedakan dari suara maupun getaran yang sumbernya dari komponen transmisi.

Jika dengung dan tenaga sedikit loss, bisa jadi indikasi bahwa komponen gigi transmisi sudah aus. 

Baca juga: Penyebab Tuas Transmisi Mobil Matik Tersangkut

"Dari suara dan getaran tentu saja berbeda, sumber kerusakan komponen transmisi mulai dari gigi transmisi matik aus, dan power loss disebabkan selip kopling juga diikuti kabin mobil bergetar," ucap Dika, kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Mekanik bengkel resmi Nissan Setyabudi Semarang sedang melakukan perbaikan komponen AC mobilDicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Nissan Setyabudi Semarang sedang melakukan perbaikan komponen AC mobil

Sebelum divonis bagian transmisi bermasalah, ada sejumlah gejala lain yang juga berpengaruh ke performa mobil. Biasanya, tuas transmisi tak bisa dipindah dan posisi mobil tetap diam walau telah masuk gigi D. 

"Pas kondisi awal start mesin respon transmisi lambat. Jadi, posisi mobil tetap stag diam saja ketika posisi gigi transmisi matik sudah dioper ke D atau R," katanya. 

Dika melanjutkan, masalah kerusakan transmisi yang cukup parah bisa jadi dikarenakan telat flushing oli matik tiap interval jarak 20.000 kilometer (km).

Baca juga: Penyakit Rawan CVT Grand LIvina Karena Kapasitas Air Aki

Bagi komponen transmisi bisa menyebabkan timbulnya kerusakan mekanis pada gigi transmisi dan clutch disc.

Transmisi D-CVT SirionADM Transmisi D-CVT Sirion

"Telat ganti oli atau salah pilih jenis oli transmisi bisa jadi sumber masalah. Kerusakan komponen CVT asalnya dari komponen mekanikal pulley aus. Sedangkan, matik konvensional biasa penyebab masalah tersebut bersumber dari kopling matik selip," lanjutnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.