Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urai Macet, Alasan Lalu Lintas di Kawasan Bundaran HI Harus Direkayasa

Kompas.com - 04/07/2022, 19:33 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan DKI Jakarta menjelaskan pemberlakuan uji coba rekayasa lalu lintas di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) yang mulai berlangsung hari ini (4/7/2022), demi mengurai kepadatan akibat persilangan (crossing).

Sebab ruang tersebut akhir-akhir ini semakin terasa mengganggu karena tingginya mobilitas dan cukup banyak laporan dari masyarakat. Sehingga arus lalu lintas perlu diperbaiki lagi.

"Crossing itu akhir-akhir ini semakin terasa mengganggu, terkait dengan semakin meningkatnya aktivitas masyarakat," kata Plh Kabid Lalu Lintas Dishub DKI Jakarta, Emanuel Kristanto dilansir KompasTV, Senin (4/7/2022).

Baca juga: Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas Bundaran HI Dimulai Sore Ini, Simak Rutenya

Arus lalu lintas di kawasan Bundaran HI,  Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat jelang parade MotoGP, Rabu (16/3/2022).KOMPAS.com/Tria Sutrisna Arus lalu lintas di kawasan Bundaran HI, Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat jelang parade MotoGP, Rabu (16/3/2022).

"Terutama itu antara kendaraan yang dari arah utara ke selatan dengan kendaraan yang dari arah selatan ingin menuju ke timur, ke jalan Imam Bonjol" lanjut dia.

"Kan itu ada kendaraan bertemu, yang satunya ke kiri kemudian satunya lurus ke selatan. Itu coba kita urai dan kita hilangi," jujar Emanuel lagi.

Dengan persilangan jalan kendaraan itu, sering kali terjadi penumpukkan kendaraan. Membuat, sekitar kawasan Sudirman-Thamrin menjadi padat khususnya saat jam sibuk sore hari.

Kebijakan terkait, nantinya akan dievaluasi lagi sepekan kedepan atau di 10 Juli 2022 mendatang. Rekayasa, berlaku selama pukul 16.00 WIB - 21.00 WIB.

Baca juga: Dampak Mobil Murah Sering Konsumsi BBM Pertalite

Ilustrasi kemacetan.latimes.com Ilustrasi kemacetan.

Berikut ini pengalihan arus lalu lintas di bundaran HI:

1. Pengalihan lalu lintas dari arah selatan ke timur dilakukan secara terbatas dengan prioritas untuk Bus TransJakarta dan rombongan VVIP.

2. Pengalihan lalu lintas dari arah timur ke utara.

3. Lalu lintas dari selatan yang akan menuju timur dialihkan melalui Jalan MH Thamrin- putar balik di Bundaran Patung Kuda atau di depan Kementerian Perhubungan.

4. Lalu lintas dari timur yang akan menuju barat/utara dialihkan belok kiri melalui Jalan Jenderal Sudirman - putar balik di Landmark Kolong Sudirman - Jalan Galunggung - belok kiri ke Kupingan BNI - Jalan Jenderal Sudirman - dan seterusnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com