Motor Sering Gas dan Rem Mendadak, Benarkah Ban Bisa Cepat Habis?

Kompas.com - 04/07/2022, 18:32 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sepeda motor saat ini umumnya dilengkapi dengan ban medium compound ataupun hard compound agar daya tahannya lebih awet.

Sementara ban soft compound jarang dipakai buat harian, karena fungsinya sengaja dibuat untuk keperluan khusus, misal kegiatan balap.

Namun buat Anda yang sering melakukan perjalanan di dalam kota, sering melakukan pengeraman dan gas secara cepat seperti di kota besar, atau singkatnya sering melakukan stop and go, ban motor akan cenderung lebih cepat habis tak peduli jenis compound-nya.

Baca juga: Diskon SUV Murah per Juli 2022, Rush Rp 16 Juta, XL7 Rp 17 Juta

Ragam ban motor yang dapat digunakan pengendaraFachri Fachrudin Ragam ban motor yang dapat digunakan pengendara

Hal ini diungkap oleh Jimmy Handoyo, Technical Service & Development Department Head PT Suryaraya Rubberindo Industries (FDR Tire) kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

“Karena ketika stop and go, motor artinya lebih sering melakukan pengereman. Apalagi kalau sering lakukan pengereman yang mepet, itu akan memakan ban. Karena gaya berkendara sangat mempengaruhi,” kata Jimmy.

“Tapi ketika kita bisa mengantisipasi pengereman, dari jauh sudah pelan, itu akan lebih irit ban. Karena ketika ngerem, bakal ada karet yang menggigit aspal. Dengan begitu, gesekan yang kecil bikin ban lebih awet,” ujar dia.

Baca juga: Mulai September Beli Pertalite di Jakarta Pakai MyPertamina

Bahkan dapat diilustrasikan orang yang sering jalan di perkotaan, lewat lampu merah, bannya lebih cepat habis. Dibandingkan orang yang sering touring, jalan santai dengan kecepatan konstan.

“Iya seperti itu. Tapi memang bannya tidak habis ekstrim,” ucap Jimmy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.