Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buat Pemula, Ini Teknik Dasar Berkendara Mobil Matik

Kompas.com - 20/06/2022, 11:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski terlihat mudah, namun berkendara mobil matik tetap perlu keahlian. Apalagi bagi pengemudi pemula atau yang baru hijrah dari sebelumnya menggendarai transmisi manual.

Seperti diketahui, banyak kejadian kecelakaan melibatkan mobil matik. Bukan karena populasinya lebih banyak saat ini, tapi rata-rata karena faktor kecerobohan pengendara.

Dari banyak kejadian, salah satu yang cukup sering danb memiliki dampak sangat fatal adalah soal salah injak pedal. 

Baca juga: Pemilik Mobil Matik Wajib Tahu Fungsi Shift Lock


Karena itu, anggapan sepele soal teknik mengemudi mobil matik yang tinggal injak rem dan gas sudah waktunya disingkirkan jauh-jauh.  

Lantas bagaimana cara aman mengemudikan mobil matik? 

 

Training Director Safety Defensive Consultant Sony Susmana mengatakan, sebelum layak turun ke jalan raya pengemudi mobil matik wajib menguasai teknik pengereman.

Mitsubishi New Xpander Sport CVTKOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi New Xpander Sport CVT

"Karena pedalnya cuma ada dua yang perlu dilatih bagaimana cara berhenti yang aman. Utamanya posisi stop and go, karena padatnya jalan kota besar banyak kasus mobil menyeruduk karena telat bereaksi menginjak rem," ujar Sony, kepada Kompas.com, Minggu (19/6/2022).

Menurut Sony, dasar teori mengemudi bagi pemula sebelum diizinkan turun ke jalan harus sudah lolos uji teknik mengerem darurat.

Cara umum yang biasanya diajarkan adalah melakukan maju mundur, sambil menyeimbangkan ritme kecepatan kaki kanan berpindah dari pedal gas dan rem. 

Baca juga: Bukan Hiasan, Ini Fungsi Tombol pada Tuas Transmisi Mobil Matik

Menginjak pedal gas pada mobilZulfana K. Rijal Menginjak pedal gas pada mobil

"Posisi gigi D biarkan mobil maju perlahan tanpa diimbangi injakan pedal gas. Wajib diperhatikan, untuk tidak asal memindahkan kaki ke pedal gas," ucapnya. 

Supaya aman, Sony menyatakan, paramater keberhasilan kursus berkendara selain parkir seri dan paralel poin wajib yakni teknik rem. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com