Bukan Hiasan, Ini Fungsi Tombol pada Tuas Transmisi Mobil Matik

Kompas.com - 18/06/2022, 09:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Transmisi mobil matik dengan model straight atau lurus, biasanya dilengkapi dengan sebuah tombol yang letaknya berada di bagian atas atau bawah gagang knob

Bagi yang belum tahu, tombol tersebut merupakan realese button yang fungsinya menjadi pengaman agar tuas transmisi tak mudah bergeser ketika tersenggol dan lain sebaginya. 

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, tombol realese ditekan ketika pengemudi akan memindahkan tuas transmisi dari posisi P ke R. Dengan demikian, sistem pengaman girboks akan bekerja untuk mencegah hentakan . 

Baca juga: Ketahui Penyebab Mobil Transmisi Matik Hilang Tenaga

"Jika pengemudi mengoper perseneling tiba-tiba tanpa menekan tombol realese button, hentakan pada sistem transmisi bisa menyebabkan kerusakan komponen girboks seperti realese bearing, kampas matik, dan pinion gear matik aus," ucapnya kepada Kompas.com, Jumat (17/6/2022). 

Test Drive All New Xenia 1.500 cc ASA CVTKOMPAS.com/Adityo Wisnu Test Drive All New Xenia 1.500 cc ASA CVT

Suparna menjelaskan, cukup berbahaya bila sedang berkendara di kecepatan tinggi tiba-tiba posisi tuas transmisi bergeser. Untuk mencegah hal tersebut maka dilengkapi realese button.

Karena bila sampai tuas tanpa sengaja berpindah, alhasil dapat menimbulkan guncangan yang bisa merusak bagian girboks. 

"Saat mobil berjalan, tombol ini sering digunakan untuk memindahkan posisi ke gigi rendah 2 atau L. Tanpa dilengkapi realese button sangat berbahaya, terlebih jika kecepatan di atas 60-80 kilometer per jam (kpj)," ujarnya. 

Meski demikan, tombol ini hanya ada pada model straight, untuk zig zag tak perlu lagi lantaran sudah dibuat berjenjang dengan alur.

Baca juga: Kasus Salah Isi BBM, Ini Pentingnya Keluar dari Mobil Saat Isi BBM

Tapi untuk cara kerjanya sama, yakni harus dibarengi dengan menekan pedal rem, baru setelah itu tombol  ditekan ke arah posisi transmisi yang diinginkan. 

Tuas transmisi mobil matik- Tuas transmisi mobil matik

Dengan demikian, mobil matik memiliki fitur keamanan ganda dalam hal pengoperasian sistem transmisinya.  

"Model gate atau yang zig-zag sama saja, pertama tetap injak rem baru tuas bisa digeser, bedanya tidak pakai tombol release saja karena dirancang lebih simple," ujar Suparna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.