Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komitmen Toyota Menjelang Standar Emisi Euro4 untuk Mesin Diesel

Kompas.com - 01/04/2022, 13:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebijakan standar emisi Euro 4 untuk kendaraan diesel di Indonesia akan berlaku per 7 April 2022. Nantinya semua produk dengan mesin diesel yang dijual dan diproduksi di Indonesia harus memenuhi standar tersebut.

Enam produk Toyota yang dipasarkan di Indonesia per April 2022 sudah memenuhi standar emisi Euro 4. Model tersebut di antaranya tiga kendaraan penumpang yakni Fortuner, Kijang Innova, dan Land Cruiser dan tiga lagi adalah kendaraan niaga, seperti Hilux, Hiace, dan Dyna.

Standar emisi Euro adalah standar yang digunakan negara Eropa untuk kualitas udara di sana. Semakin tinggi standar Euro yang ditetapkan, maka semakin kecil batas kandungan gas karbon dioksida, nitrogen oksida, karbon monoksida, volatil hidrokarbon, dan partikel lain yang berdampak negatif pada manusia dan lingkungan.

Baca juga: RPM di Toyota Kijang Innova EV Hanya Gimmick

Toyota Hilux FaceliftKOMPAS.com/ADITYO WISNU Toyota Hilux Facelift

Untuk Euro 4, kandungan nitrogen oksida pada kendaraan berbahan bakar bensin tidak boleh lebih dari 80 miligram per kilometer. Sedangkan untuk kendaraan diesel batas nitrogen oksida adalah 250 miligram per kilometer dan 25 miligram per kilometer untuk diesel particulate matter.

Baca juga: Astra Infra Dukung Penindakan Batas Kecepatan di Tol Trans Jawa

Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor mengatakan, pihaknya mengapresiasi adanya kebijakan tersebut. Hal ini demi menciptakan lingkungan hidup yang bersih dan sehat.

"Dengan diimplementasikannya standar emisi Euro 4, emisi yang dihasilkan oleh semua model kendaraan Toyota sudah sesuai dengan standar aturan lingkungan hidup yang diterapkan oleh Pemerintah Indonesia,” ucapnya dalam acara zoom, Jumat (1/4/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com