Astra Infra Dukung Penindakan Batas Kecepatan di Tol Trans-Jawa

Kompas.com - 01/04/2022, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comAstra Infra siap mendukung Korlantas Polri dalam menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik di sejumlah ruas jalan tol, baik yang dikelola oleh Jasa Marga Group maupun yang bekerja sama dengan Astra Tol.

Penerapan tilang elektronik di jalan tol oleh Kepolisian umumnya menyasar dua jenis pelanggaran, yaitu kendaraan yang melakukan pelanggaran ODOL dan over speed.

Berdasarkan data yang dirilis Jasa Marga, sampai 2022, Tol Trans-Jawa sudah terpasang 15 titik dan secara keseluruhan ada 25 titik speed camera di Tol Jabotabekdung, Trans-Jawa, dan Bali, serta dari Korlantas Polri ada tambahan 8 titik.

Baca juga: Motor Listrik Yamaha E01 Mejeng di IIMS 2022, Mirip Skutik NMAX

Korlantas Polri tambah 6 speed camera di Jalan Tol Jasa Marga GroupJasa Marga Group Korlantas Polri tambah 6 speed camera di Jalan Tol Jasa Marga Group

“Ada dua ruas tol Jasa Marga yang berpartner dengan Astra Infra, yaitu Tol Semarang-Solo dan Tol Surabaya-Mojokerto,” ujar Danik Irawati, Head of Corporate Communication Astra Infra Toll Road, kepada Kompas.com (30/3/2022).

Menurutnya, lokasi penerapan speed camera itu berada 1 titik di Tol Semarang-Solo Km 429+200, kemudian 1 titik di Tol Surabaya-Mojokerto Km 730+200.

Danik juga mengatakan, beberapa speed camera di Tol Trans-Jawa sudah terkoneksi dengan ETLE atau tilang elektronik.

Baca juga: Dirilis di IIMS 2022, Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Sudah Bisa Dipesan

Sementara buat yang belum, kecepatan kendaraan terpantau melalui aplikasi smart cam, kemudian di-capture sebagai dasar untuk tilang.

“Tilang jadi wewenang kepolisian. Jadi yang biasanya dilakukan itu, polisinya sudah standby di Gerbang Tol,” ucap Danik.

“Kemudian memastikan nomor pelat kendaraan yang melanggar itu sesuai dengan hasil capture CCTV, kemudian diminta minggir untuk klarifikasi terus penindakan,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.