Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Positif di Mandalika, Pol Espargaro Incar Podium pada Seri Pembuka

Kompas.com - 22/02/2022, 11:32 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seri perdana MotoGP 2022 akan dimulai pada 6 Maret di Sirkuit Losail, Qatar. Pebalap Repsol Honda, Pol Espargaro mengincar podium pada balapan debut musim ini.

Pol percaya dia bisa tampil cepat musim ini. Hasil tes pramusim MotoGP Mandalika beberapa waktu lalu membuat rasa percaya dirinya meningkat membawa Honda RC213V 2022.

Baca juga: Dapat Insentif PPnBM, Honda Kembali Sesuaikan Harga Brio dan Mobilio

Pada hari terakhir tes lalu, Pol berhasil menjadi pebalap tercepat. Catatannya tidak terkalahkan saat tes. Pengembangan motor baru tampak berhasil membuatnya menjinakkan motor.

Ofisial tim Repsol Honda sedang mempersiapkan motor RC213V milik Pol Espargaro menjelang dimulainya hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Sabtu (12/2/2022).KOMPAS.com/ Hafidz Imaduddin Ofisial tim Repsol Honda sedang mempersiapkan motor RC213V milik Pol Espargaro menjelang dimulainya hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Sabtu (12/2/2022).

"Di Losail saya ingin berjuang untuk podium," kata Pol mengutip Motorsport-Total.com, Selasa (22/2/2022).

"Tidak ada pilihan lain jika kami ingin memperebutkan gelar juara dunia. Itu tidak akan mudah karena ada banyak kandidat dan ada banyak pebalap Ducati," ungkapnya.

Musim lalu Pol baru perkenalan dengan motor Honda setelah pindah dari tim pabrikan KTM. Kini dia bertekat untuk tampil lebih baik selama semusim penuh.

"Tapi kami harus berada di depan. Saya memiliki tujuan saya dan saya tidak sabar menunggu," ungkap Pol.

Baca juga: Jalan Licin Karena Tanah, Pengendara Motor Bawa Ayam Jatuh Terpeleset

Dua pebalap Repsol Honda Marc Marquez dan Pol Espargaro menjajal Sirkuit Mandalika, Lombok, jelang tes resmi. Foto: AHM Dua pebalap Repsol Honda Marc Marquez dan Pol Espargaro menjajal Sirkuit Mandalika, Lombok, jelang tes resmi.

"Saya merasa bahwa saya selalu memiliki poin yang cocok ketika saya naik motor. Bukan karena Honda, bukan karena masa depan saya, tetapi karena saya," katanya.

Awal 2022 berembus kabar posisi Pol di Repsol Honda terancam. Tim rupanya tertarik memakai jasa dua juara dunia 2020 dan 2021 yaitu Joan Mir dan Fabio Quartararo.

Isu berembus Honda tertarik dengan Mir yang disebut tak puas dengan pengembangan motor Suzuki GSX-RR.

Tapi hal itu dibantah oleh petinggi Repsol Honda Alberto Puig yang mengatakan pihaknya masih percaya dengan Pol. Pebalap asal Spanyol itu cuma perlu sedikit waktu sebelum tampil maksimal.

Baca juga: Semakin Canggih, Kamera ETLE Sekarang Bisa Deteksi Knalpot Bising

Bos Repsol Honda, Alberto Puig, bersiap jelang sesi free practice MotoGP Catalunya, 25 September 2020.AFP/LLUIS GENE Bos Repsol Honda, Alberto Puig, bersiap jelang sesi free practice MotoGP Catalunya, 25 September 2020.

“Saya harus membuktikan bahwa saya pantas memakai warna-warna itu (seragam/baju balap Repsol Honda)," kata Pol.

"Bukan berarti saya harus selalu menjadi yang pertama. Tapi saya ingin menunjukkan kepada Honda bahwa setelah semua usaha selama musim dingin, motor itu kompetitif," ungkapnya.

"Honda pantas mendapatkan pebalap yang diperjuangkan dengan hasil teratas," kata Pol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com