Begini Perbandingan Motor yang Pakai ABS dan Tidak

Kompas.com - 22/02/2022, 10:32 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini sudah banyak sepeda motor mengadopsi sistem pengereman Anti Lock Braking System (ABS). Sistem ini membuat pengendara lebih mudah mengendalikan motor.

Meski demikian tak sedikit yang ragu mengenai keampuhan cara kerja ABS di motor. Karena itu beberapa pihak melakukan pengetesan bagaimana perbedaan antara motor yang pakai ABS dan tidak.

Baca juga: Kenapa Saat Mengemudi di Malam Hari Harus Matikan Lampu Kabin Mobil?Seperti

Mengenai keampuhan rem ABS di motor diunggah akun Instagram _techmech. Dalam video ini terlihat bagaimana kondisi motor yang pakai ABS dan tidak memakai ABS.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by ENGINEERING & TECH | TECH MECH (@_techmech)

Terlihat dalam video motor yang memakai ABS mulus ketika pengendara mengerem keras di jalan basah. Adapun motor biasa langsung terpelanting karena rem mengunci.

Hal yang sama juga terjadi saat motor dites melakukan pengereman di jalan berpasir. Motor yang memakai ABS bisa berganti dengan sempurna sedangkan yang tidak pakai terjatuh.

ABS sendiri telah menjadi standar keamanan bagi mobil-mobil baru. ABS dapat mendeteksi dan mencegah roda terkunci. Membuat pengemudi dapat mempertahankan kendali dalam situasi minim traksi, seperti saat hujan, salju, dan sebagainya.

Baca juga: Bagnaia Amankan Posisi di Ducati hingga 2024

Mengerem sepeda motor ada teorinya.mpm-motor.co.id Mengerem sepeda motor ada teorinya.

Rem ABS membantu menghentikan laju pesawat saat mendarat. Ketika tenaga turbin berkurang, rem ABS membantu pengereman pada setiap roda.

Agar proses mendarat berlangsung aman, setiap roda pesawat tidak boleh ada yang mengunci. Sebab jika salah satu roda terkunci atau kehilangan traksi, maka pesawat bisa tergelincir.

Di sinilah peran rem ABS yang menjaga traksi ban pesawat tetap ada. Dan rupanya, cara kerja yang sama berlaku juga di industri otomotif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.