Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Irit, Perbandingan Konsumsi BBM Yamaha Fazzio dan Honda Scoopy

Kompas.com - 22/02/2022, 10:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Awal 2022, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menggebrak dengan meluncurkan skutik baru kelas 125cc, yaitu Yamaha Fazzio Hybrid - Connected.

Mengusung tambahan Hybrid di belakang namanya, Fazzio diklaim lebih bertenaga dan hemat bahan bakar lantaran didukung mesin bakar internal, serta tenaga dari baterai.

Sebelumnya Kompas.com sudah membahas bahasa desain, fitur dan rasa berkendara serta konsumsi bahan bakar. Kini Kompas.com membandingkan konsumsi BBM antara Fazzio dengan Honda Scoopy.

Baca juga: Kenapa Saat Mengemudi di Malam Hari Harus Matikan Lampu Kabin Mobil?

Test ride Yamaha FazzioDok. YIMM Test ride Yamaha Fazzio

Untuk Fazzio tes konsumsi bahan bakar menggunakan metode ukur full-to-full. Cara ini dianggap cukup menggambarkan konsumsi harian dan dekat dengan kebiasaan konsumen.

Pengendara Kompas.com memiliki tinggi 170 cm dan bobot 68 kg. Rute yang dilalui bervariasi mulai pagi hingga malam, melewati jalan macet dan juga lengang.

Bukaan gas tidak diatur lembut dan kecepatan motor menyesuaikan kondisi jalan. Tujuannya juga tidak mencari nilai konsumsi tertinggi. Motor sering dibawa kencang sesuai pemakaian normal.

Hitung-hitungannya ialah saat dipakai berkeliling kota menghasilkan jarak tempuh 120 km. Kemudian dibagi jumlah konsumsi bensin yaitu 2,71 liter. Hasilnya didapat 44,2 km per liter.

Baca juga: Biker, Begini Etika Belok yang Aman dan Benar

All New Honda ScoopyKOMPAS.com/Gilang All New Honda Scoopy

Adapun tes konsumsi Scoopy dilakukan pada akhir 2020. Pengendara Kompas.com saat itu memiliki tinggi 168 cm dengan bobot 80 kg. Metode yang digunakan tetap full to full (FTF).

Saat tes Scoopy jalanan tidak terlalu ramai, sehingga tensi buka tutup gas tidak terlalu banyak. Kompas.com juga menyalakan ISS agar lebih efisien. Gaya berkendaranya biasa saja, tetapi sebisa mungkin indikator ECO menyala.

Hitung-hitungannya ialah saat dipakai berkeliling kota menghasilkan jarak tempuh 141 km. Kemudian dibagi jumlah konsumsi bensin yaitu 2,41 liter, hasilnya didapat 58,5 km per liter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com