Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Beragam Posisi Kandang Macan pada Berbagai Bus

Kompas.com - 19/02/2022, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKandang macan merupakan istilah yang biasa disebut sebagai tempat pengemudi bus beristirahat. Kandang macan ini umum ditemukan pada bus antar kota yang menggunakan dua pengemudi.

Jadi ketika salah satu pengemudi istirahat, bisa langsung menuju kandang macan yang ada di kabin bus. Posisi kandang macan yang ada di bus ternyata ada beragam, tergantung dari bentuk busnya dan sesuai keinginan Perusahaan Otobus (PO) selaku pemesan desain karoseri.

Pada umumnya, posisi kandang macan ada di belakang bangku penumpang yang paling ujung, jadi di atas mesin bus. Namun ada juga posisi kandang macan yang ada di belakang kabin pengemudi.

Baca juga: Ngeblong, Pelanggaran Sopir Bus yang Kerap Dilakukan

Tempat tidur sopir busKompas.com/Fathan Radityasani Tempat tidur sopir bus

Export Manager Karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, pada beberapa kasus, misalnya bus tingkat milik PO Laju Prima, posisi kandang macannya ada di atas kotak ECU yang ada di dek bawah.

“Kandang macan ada di belakang pengemudi. Tempatnya memang di situ, sesuai dengan permintaan customer (PO),” ucap Werry kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain itu, pada bus baru Indorent yang rilis dari Karoseri Laksana, posisi kandang macannya ada di dek atas, di belakang bangku penumpang. Bentuk kandang macannya pun unik, seperti ditutup sekat dengan pintu rolling (rolling door).

Baca juga: Pengendara Motor Tertabrak Mobil di Tol Cikampek, Ini Kata Pengelola

Kandang macan bus AKAP PO Harapan Jaya dengan bodi Avante D1KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kandang macan bus AKAP PO Harapan Jaya dengan bodi Avante D1

Posisi unik kandang macan yang lainnya ada pada bus Avante D1 buatan Karoseri Tentrem. Berdasarkan pengamatan redaksi ketika mengamatinya di Bogor, posisi kandang macan tepat di belakang kabin pengemudi dan di bawah dek penumpang.

Selain itu, kandang macan ini punya pintu akses menuju tangga ke dek atas. Bentuk kandang macan seperti ini yang menambah privasi pengemudi sehingga semakin nyaman untuk beristirahat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com