Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Bus Tabrak Truk, Ini yang Bisa Dilakukan Penumpang

Kompas.com - 17/02/2022, 19:31 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini terjadi kecelakaan yang melibatkan bus Rosalia Indah dengan truk di Jalan Lingkar Bumiayu, Kabupaten Brebes. Menurut saksi, bus menyalip di tikungan dan dari arah berlawanan ada truk yang datang sehingga tabrakan tidak bisa dihindari.

Pada kecelakaan tersebut, sopir truk meninggal dunia, sedangkan ada lima penumpang serta pengemudi bus yang mengalami luka ringan sampai sedang.

Sayangnya, kecelakaan bus seperti ini memang kerap terjadi dan penumpang malah jadi korbannya. Lalu bagaimana tips untuk penumpang agar bisa terhindar dari kecelakaan seperti ini?

Baca juga: Bus Rosalia Indah Tabrak Truk, Ingat Bahaya Menyalip di Tikungan

Penumpang bus DAMRIDOK. DAMRI Penumpang bus DAMRI

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, risiko fatal ketika menaiki bus bisa diminimalisir dengan tindakan preventif, bukan reaktif.

Penumpang bus kan tidak punya pilihan ketika kendaraan yang dinaiki mengalami kecelakaan,” kata Sony kepada Kompas.com, Kamis (17/2/2022).

Jadi tindakan yang bisa dilakukan adalah sebelum menaiki bus, cari angkutan yang terdaftar baik atau track record-nya bagus, jarang mengalami kecelakaan. Apalagi saat ini kecelakaan bus sudah sering diunggah di media sosial, jadi bisa tahu mana yang bagus dan tidak.

Baca juga: Penjelasan MGPA soal Aspal yang Terkelupas di Sirkuit Mandalika

“Kemudian, ingatkan atau tegur pengemudi ketika ugal-ugalan. Laporkan kalau dia masih saja membahayakan,” ucap Sony.

Tips untuk penumpang, perhatikan cara mengemudi dari sopir di 30 menit pertama. Jika dirasa membahayakan, bisa melakukan protes ke kru atau bilang langsung ke pengemudinya.

“Jangan lupa, penumpang selalu gunakan safety belt saat di kabin bus. Terakhir, lihat kelengkapan keselamatan yang tersedia dan di mana jalur evakuasi kalau bus mengalami kecelakaan,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com