Sikap Saat Bertemu Pengemudi Arogan di Jalan Tol

Kompas.com - 19/02/2022, 07:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comJalan tol adalah fasilitas yang bisa digunakan oleh banyak orang. Oleh karena itu, dibuat lah aturan agar tercipta jalanan yang bebas hambatan dan terhindar dari kecelakaan.

Namun, ada saatnya ketika menggunakan jalan tol, bertemu dengan pengemudi yang sikapnya arogan, tidak terima ketika disalip kendaraan lain. Contohnya bisa dilihat pada rentetan video yang diunggah akun dashcam owners Indonesia di Instagram.

Singkatnya, pengemudi Xpander tidak terima saat mobilnya disalip dari kiri oleh mobil perekam. Ketika Xpander kembali di depan mobil perekam, dia kembali mengurangi kecepatannya, bahkan kadang mengerem.

Baca juga: Emosi di Jalanan Sama Saja Perlihatkan Kebodohan Pengemudi

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Selain mengerem di depan mobil perekam, Xpander tadi juga melakukan manuver yang mepet sehingga membahayakan.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, pengemudi yang arogan di jalan punya dua alasan, pertama adalah kelelahan dan emosi. Dua faktor ini yang membuat pengemudi overreacting.

Sony menyarankan, jika bertemu dengan pengemudi yang arogan, hal yang pertama dilakukan adalah tetap berlaku defensif. Jangan sampai terpancing emosi oleh pengemudi ini.

Jika pengemudi terpancing provokasi, itu lah yang diinginkan orang arogan tadi, jadi merasa ada teman bermain dengan bahaya.

Baca juga: Siswi SMP Masuk Tol Japek karena Salah Pilih Menu Google Maps

“Kedua, siapkan kamera untuk merekam tindakan mereka untuk bahan laporan kepada pihak berwajib atau paling tidak ada bukti pendukung,” kata Sony kepada Kompas.com, Jumat (18/2/2022).

Terakhir, pengemudi harus tetap tenang dan berkeselamatan. Berkeselamatan atau safety di sini maksudnya adalah antisipasi manuver-manuver membahayakan dari pengemudi arogan, seperti mepet atau rem mendadak dan sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.