Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Binjai-Stabat Resmi Beroperasi, Tarif Masih Gratis

Kompas.com - 11/02/2022, 16:12 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Binjai-Langsa Seksi 1 Binjai-Stabat mulai dioperasikan tanpa tarif mulai hari ini, Jumat (11/2/2022) sejak pukul 07.00 WIB.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan infrastruktur konektivitas tersebut satu minggu lalu atau tepatnya 4 Februari 2022.

Baca juga: Sedan Bekas Rp 70 Jutaan per Februari 2022, dari Civic sampai Camry

Seksi jalan tol tersebut merupakan bagian dari Tol Binjai-Langsa yang membentang 131 kilometer.

Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) PT Hutama Karya (Persero) Dwi Aryono Bayuaji mengatakan, perseroan sebagai pengelola telah melakukan persiapan matang sebelum mengoperasikan ruas tersebut.

Ruas jalan tol Binjai - Statbat BPJT Ruas jalan tol Binjai - Statbat

“Sesuai arahan pemerintah, kami sudah siap mengoperasikan tol tersebut sejak menerima Sertifikat Laik Operasi (SLO) atas Jalan Tol Binjai-Stabat pada 28 Januari 2021 lalu,” kata Dwi dalam keterangan resmi, Jumat (11/2/2022).

Dalam pengoperasiannya kali ini, Tol Binjai-Stabat sudah dilengkapi dengan personel yang telah siaga maupun fasilitas mulai dari kendaraan ambulans, derek, Patroli Jalan Raya (PJR), rescue, dan lainnya.

Baca juga: Masih Perlukah Inreyen pada Mobil Baru?

Sesuai arahan Pemerintah, pada masa sosialisai kali ini pengoperasian ruas jalan tol masih belum dikenakan tarif alias gratis. Meski belum bertarif, pengguna jalan tol diwajibkan menempelkan kartu uang elektronik saat melintas.

"Kami juga imbau masyarakat dapat menggunakan jalan tol secara bijak dengan selalu mematuhi tata tertib yang berlaku," ucapnya.

Gerbang tol Stabat di kabupaten Langkat, provinsi Sumatera Utara. Jalan Tol Binjai ? Stabat sepanjang 11,8 kilometer telah rampung ANTARA/HO Gerbang tol Stabat di kabupaten Langkat, provinsi Sumatera Utara. Jalan Tol Binjai ? Stabat sepanjang 11,8 kilometer telah rampung

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat pengguna jalan tol untuk mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol.

Contohnya, menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo sebelum memasuki gerbang tol (GT).

Baca juga: Update Harga BBM Pertamina, Shell, dan Vivo per Februari 2021

Jika telah rampung secara keseluruhan, infrastruktur konektivitas tersebut akan menghubungkan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dengan Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

Menurut dia, kehadiran tol ini akan memudahkan ke berbagai destinasi wisata di Sumut seperti kawasan wisata Bukit Lawang, Tangkahan, dan Tuan Guru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com