Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penting, Perhatikan Tanggal Kedaluwarsa Obat pada Kotak P3K di Mobil

Kompas.com - 05/02/2022, 20:01 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada mobil, ada beberapa barang-barang wajib yang harus diperiksa kelengkapannya sebelum berkendara. Biasanya diletakan di bagian bagasi.

Barang-barang ini umumnya merupakan penunjang keselamatan dan alat bantu untuk pertolongan pertama saat komponen mobil mengalami kerusakan di tengah perjalanan.

Salah satu contoh barang penunjang keselamatan yang ada di mobil ialah kotak P3K. Umumnya, kotak ini berisi perlengkapan medis dan obat-obatan ringan yang bisa digunakan untuk pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan.

Baca juga: Sering Dianggap Remeh, Barang-barang Ini Wajib Ada di Dalam Mobil

Training Director The Real Driving Center (RDC) Roslianna Ginting mengatakan, kotak P3K menjadi salah satu benda yang wajib ada di mobil saat berkendara.

"Segitiga pengaman, kunci roda, wajib tahu di mana letaknya. Kotak P3K wajib ada," katanya pada Kompas.com, belum lama ini.

Sebelum berkendara, pemilik mobil baiknya mengecek letak dan kelengkapan barang-barang ini, agar mudah ditemukan saat dibutuhkan. Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan saat mengecek kotak P3K di mobil.

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, obat-obatan pada kotak P3K memiliki masa berlaku dua hingga empat tahun.

Ilustrasi pertolongan pertamaShutterstock Ilustrasi pertolongan pertama

"Secara umum, obat-obatan pada kotak P3K memiliki masa berlaku hingga dua sampai empat tahun," katanya, disitat Kompas.com.

Obat-obatan tersebut, lanjutnya, bisa cepat kedaluwarsa jika sudah pernah dibuka. Maka, penting bagi pemilik mobil untuk selalu mengecek tanggal kedaluwarsa obat-obatan pada kotak P3K, agar tetap aman digunakan.

Baca juga: Aksi Koboi Jalanan di Tol Cipali, Bisa Kena Pasal Berlapis

Selain obat-obatan ringan, pada kotak P3K biasanya juga ada cairan antiseptic, perban, kapas, pinset dan kain kasa steril.

Benda-benda yang ada pada kotak P3K umumnya hanya untuk dipakai sebagai pertolongan pertama dan penanganan luka luar saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com