Apakah Sasis Bus Premium Bisa Dibuat Pakai Pintu Belakang?

Kompas.com - 05/02/2022, 17:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Sasis bus premium dengan dua as roda biasanya dipasang ke bodi bus yang pintu penumpang belakangnya ada di tengah. Hal ini dikarenakan bentuk mesinnya yang besar sehingga tidak muat dibuat pintu.

Tapi kadang pemesan bus ingin meminta armada miliknya posisi pintunya ada di belakang. Bus yang punya pintu di belakang memang memiliki ruang bagasi yang lebih lega, sehingga bisa menguntungkan pemilik bus.

Lalu apakah bisa bus dengan sasis premium seperti Scania K360iB dan Mercedes Benz OH 1836 memakai pintu di belakang?

Baca juga: Ini Kelebihan Bus yang Pakai Pintu Belakang

Bus pariwisata PO Satria MudaDOK. NEW ARMADA Bus pariwisata PO Satria Muda

Deddy Hermawan, Development Design Karoseri New Armada mengatakan, sasis premium memang punya ruang yang sempit di belakang. Tapi ruang sempit tadi tetap bisa dijadikan pintu untuk penumpang masuk.

“Sasis 1836 memang masih ada sedikit ruang di belakang meski mepet, tapi lebih baik memang pakai pintu tengah,” ucap Deddy kepada Kompas.com, belum lama ini.

Deddy menjelaskan, jika memakai pintu di belakang, akses penumpang untuk ke kabin jadi lebih sempit. Namun demi keinginan customer, karoseri tetap menyanggupi.

Baca juga: Begini Cara Blokir STNK via Online

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, kalau sasis premium dipasang ke bodi dengan pintu penumpang di belakang, akan terhalang dengan konsutruksi suspensi udaranya.

“Kalau pasang pintu belakang, enggak bisa pasang trap tangga (tangga tambahan) naik. Jadinya penumpang melangkahnya lebih tinggi,” kata Yohan.

Oleh karena itu, ada beberapa konsekuensi jika mau melakukan modifikasi posisi pintu belakang penumpang. Memang bagasi lebih lega, tapi akses penumpang jadi lebih sempit dan repot.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.