Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota GR Yaris Lebih Kencang dari Nissan GT-R Nismo

Kompas.com - 05/02/2022, 15:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota GR Yaris punya performa mesin yang mengesankan. Namun, masih ada beberapa orang yang masih belum puas dan memodifikasinya menjadi lebih bertenaga.

Dikutip dari Timeattack.co.jp, Sabtu (5/2/2022), GR-Yaris garapan Garage G-FORCE ini lebih kencang dari Nissan GT-R Nismo. Tapi, saat mobil ini melaju di lintasan Sirkuit Tsukuba, Jepang, catatan waktunya tembus 58,573 detik.

Baca juga: Modifikasi Toyota GR Yaris Bertenaga 520 HP Pecahkan Rekor Dunia

Catatan waktu tersebut lebih cepat 0,788 detik dari yang diraih oleh Nissan GT-R Nismo pada 2019 lalu. Maklum, GR Yaris ini sudah ditingkatkan tenaganya menjadi 355 tk.

Ban yang digunakan juga memiliki profil 265 mm dan tipe semi-slick. Sehingga, cengkraman yang dihasilkan jauh lebih baik.

Dari video yang diunggah, diduga kuat GR Yaris ini tak hanya mengalami ubahan di sektor mesinnya saja. Tapi, di sektor kaki-kaki juga dimodifikasi. Begitu pula dengan aerodinamikanya.

Baca juga: Toyota Hadirkan Prototype GR Yaris H2, Pakai Bahan Bakar Hidrogen

Catatan waktu GR Yaris bisa lebih baik dibanding GT-R Nismo karena power-to-weight ratio yang dihasilkan juga lebih baik. Dengan mesin 3-silinder, GR Yaris memiliki bobot 503 kg lebih ringan dibandingkan GT-R Nismo.

Toyota GR Yaris kalahkan catatan waktu Nissan GT-R Nismo di Sirkuit Tsukuba, JepangDok. Timeattack.co.jp Toyota GR Yaris kalahkan catatan waktu Nissan GT-R Nismo di Sirkuit Tsukuba, Jepang

Tapi, di lintasan sirkuit, power-to-weight ratio saja tidak bisa menjadi penentu siapa yang lebih cepat. Sebab, kemampuan membalap dari pengemudinya juga berperan besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com