Kompas.com - 05/02/2022, 15:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota GR Yaris punya performa mesin yang mengesankan. Namun, masih ada beberapa orang yang masih belum puas dan memodifikasinya menjadi lebih bertenaga.

Dikutip dari Timeattack.co.jp, Sabtu (5/2/2022), GR-Yaris garapan Garage G-FORCE ini lebih kencang dari Nissan GT-R Nismo. Tapi, saat mobil ini melaju di lintasan Sirkuit Tsukuba, Jepang, catatan waktunya tembus 58,573 detik.

Baca juga: Modifikasi Toyota GR Yaris Bertenaga 520 HP Pecahkan Rekor Dunia

Catatan waktu tersebut lebih cepat 0,788 detik dari yang diraih oleh Nissan GT-R Nismo pada 2019 lalu. Maklum, GR Yaris ini sudah ditingkatkan tenaganya menjadi 355 tk.

Ban yang digunakan juga memiliki profil 265 mm dan tipe semi-slick. Sehingga, cengkraman yang dihasilkan jauh lebih baik.

Dari video yang diunggah, diduga kuat GR Yaris ini tak hanya mengalami ubahan di sektor mesinnya saja. Tapi, di sektor kaki-kaki juga dimodifikasi. Begitu pula dengan aerodinamikanya.

Baca juga: Toyota Hadirkan Prototype GR Yaris H2, Pakai Bahan Bakar Hidrogen

Catatan waktu GR Yaris bisa lebih baik dibanding GT-R Nismo karena power-to-weight ratio yang dihasilkan juga lebih baik. Dengan mesin 3-silinder, GR Yaris memiliki bobot 503 kg lebih ringan dibandingkan GT-R Nismo.

Toyota GR Yaris kalahkan catatan waktu Nissan GT-R Nismo di Sirkuit Tsukuba, JepangDok. Timeattack.co.jp Toyota GR Yaris kalahkan catatan waktu Nissan GT-R Nismo di Sirkuit Tsukuba, Jepang

Tapi, di lintasan sirkuit, power-to-weight ratio saja tidak bisa menjadi penentu siapa yang lebih cepat. Sebab, kemampuan membalap dari pengemudinya juga berperan besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.