Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Sasis Bus Premium Bisa Dibuat Pakai Pintu Belakang?

Kompas.com - 05/02/2022, 17:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sasis bus premium dengan dua as roda biasanya dipasang ke bodi bus yang pintu penumpang belakangnya ada di tengah. Hal ini dikarenakan bentuk mesinnya yang besar sehingga tidak muat dibuat pintu.

Tapi kadang pemesan bus ingin meminta armada miliknya posisi pintunya ada di belakang. Bus yang punya pintu di belakang memang memiliki ruang bagasi yang lebih lega, sehingga bisa menguntungkan pemilik bus.

Lalu apakah bisa bus dengan sasis premium seperti Scania K360iB dan Mercedes Benz OH 1836 memakai pintu di belakang?

Baca juga: Ini Kelebihan Bus yang Pakai Pintu Belakang

Bus pariwisata PO Satria MudaDOK. NEW ARMADA Bus pariwisata PO Satria Muda

Deddy Hermawan, Development Design Karoseri New Armada mengatakan, sasis premium memang punya ruang yang sempit di belakang. Tapi ruang sempit tadi tetap bisa dijadikan pintu untuk penumpang masuk.

“Sasis 1836 memang masih ada sedikit ruang di belakang meski mepet, tapi lebih baik memang pakai pintu tengah,” ucap Deddy kepada Kompas.com, belum lama ini.

Deddy menjelaskan, jika memakai pintu di belakang, akses penumpang untuk ke kabin jadi lebih sempit. Namun demi keinginan customer, karoseri tetap menyanggupi.

Baca juga: Begini Cara Blokir STNK via Online

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, kalau sasis premium dipasang ke bodi dengan pintu penumpang di belakang, akan terhalang dengan konsutruksi suspensi udaranya.

“Kalau pasang pintu belakang, enggak bisa pasang trap tangga (tangga tambahan) naik. Jadinya penumpang melangkahnya lebih tinggi,” kata Yohan.

Oleh karena itu, ada beberapa konsekuensi jika mau melakukan modifikasi posisi pintu belakang penumpang. Memang bagasi lebih lega, tapi akses penumpang jadi lebih sempit dan repot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com