Ini Kelebihan Bus yang Pakai Pintu Belakang

Kompas.com - 05/02/2022, 12:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comBus besar di Indonesia yang menggunakan sasis premium biasanya menggunakan pintu yang posisinya di tengah. Alasannya adalah, di bagian belakang roda tidak cukup ruang untuk dibuat pintu.

Namun berbeda dengan Karoseri New Armada yang membuat bodi bus dengan sasis premium seperti Scania K360iB dan Mercedes Benz OH 1836 dengan pintu yang ada di bagian belakang.

Gerry Adrian, Sales Executive New Armada Jatibaru mengatakan, membuat bodi bus dengan sasis premium memang bisa minta memakai pintu belakang kalau buatnya di Karoseri New Armada.

Baca juga: PO Rosalia Indah Borong Lagi 8 Unit Bus Baru

bus akap PO Rajawali Citra TransportasiInstagram/newarmada.official bus akap PO Rajawali Citra Transportasi

“Caranya gimana? Itu rahasia dapurnya kita,” ucap Gerry kepada Kompas.com, Sabtu (5/2/2022).

Menurut Gerry, keunggulan dari bus yang posisi pintunya di belakang adalah pengaturan bangkunya jadi bisa maksimal. Berbeda dengan posisi pintunya yang di tengah, mengatur bangkunya lebih sulit.

Baca juga: Ini Kesalahan Umum Pengemudi Pemula Saat Masuk Jalan Tol

“Kalau pintu belakang, atur bangkunya mudah, kalau mau dikurangi atau ditambah,” kata Gerry.

Selain itu, jika posisi pintunya ada di belakang, bagasi jadi lebih lega. Kalau ada pintu di bagian tengah, ruang bagasi jadi lebih kecil, apalagi jika dipasang toilet tengah juga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.