Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ancol Punya Sirkuit Fasilitasi Balap Liar Motor, Ini Kata Honda

Kompas.com - 21/12/2021, 10:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Polda Metro Bakal bakal menggelar ajang balapan resmi untuk memfasilitasi para pelaku balap liar di kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

Dari sisi pabrikan sepeda motor, Direktur Marketing Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya, menilai hal tersebut bisa berdampak positif buat anak muda yang hobi balap liar untuk menyalurkan minat.

Baca juga: Ancol Jadi Sirkuit Resmi Road Race dan Drag Race Pebalap Liar

"Buat kami melihat begini, pengguna motor hobi sama gayanya banyak. Salah satunya orang-orang yang suka balap tapi katakanlah liar atau tidak resmi," ucap Thomas di Bandung, Senin (20/12/2021).

Motor yang digunakan balap liar di Jalan Lingkar Luar Karawang pada Kamis (30/9/2021) pagi kini telah diamankan Polres Karawang.Dok. Satlantas Polres Karawang Motor yang digunakan balap liar di Jalan Lingkar Luar Karawang pada Kamis (30/9/2021) pagi kini telah diamankan Polres Karawang.

"Nah tentu hobi ini menarik buat para pecinta motor, tapi bagaimana juga hobi ini dalam wadah yang aman dan tidak membahayakan," katanya.

"Jadi bagaimana dikelola, dilembagakan, ya tadi di Ancol misalnya, itu tentunya akan positif buat para anak muda pecinta motor yang hobi balap tapi harus play dengan safe, harus aman," ucapnya.

Thomas mengatakan, jika memang bisa diarahkan bukan tidak mungkin balapan yang gelaran yang bakal berlangsung mulai 15 Januari 2022 tersebut akan mencetak calon pebalap.

"Dari sini siapa tahu ada calon pebalap yang bisa dibina dan dibidik," katanya.

Baca juga: Sepele tapi Penting, Ini Fungsi Pandangan Mata Saat Naik Motor

Sejumlah pelaku yang terlibat aksi balap liar di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Antasari, Jakarta Selatan diberikan hukuman mendorong motor ke Polres Metro Jakarta Selatan pada Senin (6/9/2021) dini hari.KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Sejumlah pelaku yang terlibat aksi balap liar di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Antasari, Jakarta Selatan diberikan hukuman mendorong motor ke Polres Metro Jakarta Selatan pada Senin (6/9/2021) dini hari.

Wacana memfasilitasi balap liar sebelumnya digulirkan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, untuk memberkan wadah para pelaku balap liar yang kerap beraksi di jalan raya.

Fadil berharap bahwa kegiatan kompetisi resmi dan fasilitas sirkuit balap di Ancol ini bisa mencegah kegiatan balap liar di jalan raya.

"Mudah-mudahan niat baik kita ini, bisa menyelamatkan anak-anak kita. Kemudian bagi mereka yang memiliki potensi untuk menjadi pembalap, bisa tersalurkan," kata Fadil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com