Sepele tapi Penting, Ini Fungsi Pandangan Mata Saat Naik Motor

Kompas.com - 20/12/2021, 18:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Naik sepeda motor merupakan kegiatan penuh risiko, karena itu pengendara motor dituntut untuk selalu fokus agar bisa mengantisipasi keadaan sekitar.

Salah satu hal penting dala berkendara ialah pandangan mata. Mata disebut sebagai "jangkar" karena mata yang akan mengarahkan badan dan motor saat di jalan.

Baca juga: Otozilla Luncurkan Aplikasi Dash untuk Pantau Kondisi Mobil

Darius Sinathrya dan Donna Agnesia Naik Motor di Indiaistimewa Darius Sinathrya dan Donna Agnesia Naik Motor di India

Safety Riding Promotion Wahana, main dealer motor Honda Jakarta-Tangerang, Agus Sani, mengatakan, saat berkendara pastikan pandangan melihat jauh ke depan.

"Ketika kita melihat ke satu titik saat berkendara maka secara otomatis tubuh akan membawa atau menggerakkan kendaraan ke arah yang dituju," kata Agus kepada Kompas.com, akhir pekan lalu.

Selain itu guna pandangan mata jauh ke depan ialah untuk melihat rambu dan informasi lain. Termasuk untuk memprediksi terjadinya ancaman keselamatan di depan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (depan kiri) mendampingi Presiden Joko Widodo naik motor listrik WIM Motor saat kunjungan kerja ke Kabupaten Asmat, Papua pada April 2018.presiden.go.id Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (depan kiri) mendampingi Presiden Joko Widodo naik motor listrik WIM Motor saat kunjungan kerja ke Kabupaten Asmat, Papua pada April 2018.

"Pandangan mata yang benar saat berkendara adalah melihat jauh ke depan agar kita mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai rute, rambu dan potensi bahaya yang ada di depan kita," katanya.

Baca juga: Biaya Charging Mobil Listrik Lexus UX 300e Jakarta-Yogya

Apalagi kata Agus jika dalam kecepatan tinggi. Sebab dalam kecepatan tinggi pandangan mata bakal makin fokus dan mengecil.

"Yang perlu diketahui oleh pengendara adalah semakin tinggi kecepatan kendaraan maka akan semakin kecil luas pandangan visual kita saat berkendara sehingga semakin tinggi kecepatan maka harus makin fokus untuk melihat jauh ke depan," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.