Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wholesales SUV Kompak November 2021, Raize Menang Telak

Kompas.com - 20/12/2021, 09:02 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Segmen mobil SUV kompak di Indonesia makin ramai dengan hadirnya duo Toyota Raize dan Daihatsu Rocky di 2021.

Kedua mobil tersebut diluncurkan untuk menyaingi Kia Sonet, Nissan Magnite, dan Renault Kiger yang juga sudah bermain di kelas ini.

Meski tren segmen SUV kompak tidak seramai low multi purpose vehicle (LMPV) maupun low sport utility vehicle (LSUV), mobil-mobil di kelas ini patut diperhitungkan berkat ditanamnya sejumlah fitur baru namun dengan harga yang relatif masih terjangkau.

Baca juga: Viral SPBU Pertamina Disebut Tak Bisa Lagi Bayar Tunai, Ini Penjelasan Pertamina

Tercatat, mayoritas mobil di kelas SUV kompak dibanderol pada kisaran harga Rp 170 juta - Rp 290 jutaan. Daihatsu Rocky sebagai pilihan paling terjangkau dijual mulai Rp 170 jutaan.

Sementara itu, Toyota Raize dan Kia Sonet mulai mengisi ceuk harga Rp 200 jutaan, disusul Nissan Magnite dengan varian termurah Rp 240 jutaan.

Toyota Raize GR SportKompas.com Toyota Raize GR Sport

Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), kelas mobil ini menorehkan angka wholesales atau distribusi dari pabrik ke diler 4.406 unit selama November 2021.

Baca juga: Kia Carens Generasi Baru Hadir, Tampilan Jadi Ala SUV

Angka wholesales bulan kesebelas tersebut naik jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya alias pada Oktober 2021, di mana hanya tercatat sebanyak 3.678 unit.

Toyota Raize berhasil jadi mobil terlaris di segmen ini dengan jumlah wholesales sebanyak 3.901 unit dengan varian 1.0T GR CVT Single Tone yang paling banyak dilepas sebanyak 1.570 unit.

Sementara para pesaingnya harus puas dengan angka di bawah 500 unit. Tepatnya, Daihatsu Rocky mencatat wholesales 449 unit, Nissan Magnite 29 unit, dan Kia Sonet 27 unit.

Lantas Renault Kiger tidak diketahui data wholesales-nya mengingat Maxindo Renault Indonesia (MRI) selaku agen pemegang merek (APM) tidak lagi tergabung dalam Gaikindo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com