Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran 5 Lokasi yang Jadi Lintasan Formula E di Jakarta

Kompas.com - 25/11/2021, 14:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat Bambang Soesatyo mengungkapkan terdapat lima lokasi alternatif untuk perhelatan Formula E di DKI Jakarta.

Lima lokasi itu antara lain, Pantai Indah Kapuk, Sudirman, Ancol, JIExpo Kemayoran, dan Jakarta International Stadium. Namun sampai saat ini, belum ada keputusan mengenai penetapannya.

"Sudirman, PIK, JIS, JIExpo Kemayoran, Ancol, ini yang akan kami suggest ke Presiden RI untuk memilih," katanya, Rabu (24/11/2021).

Baca juga: Repsol Honda Sebut RC213V 2022 Masih Jauh dari Siap

Konferensi pers dukungan Formula E Jakarta 2022 di Gedung Blackstone, Jakarta Pusat (Rabu (24/11/2021)KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO Konferensi pers dukungan Formula E Jakarta 2022 di Gedung Blackstone, Jakarta Pusat (Rabu (24/11/2021)

Studi kelayakan lima lokasi tersebut, kata Bamsoet, akan dikerjakan oleh Formula E Operations (FEO) yang kini sudah berada di Jakarta.

Bamsoet optimistis, penyelenggaraan Formula E bisa mendongkrak pariwisata Indonesia, khususnya di DKI Jakarta.

Adapun wilayah yang sebelumnya diajukan, yakni kawasan Monumen Nasional (Monas) dan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan telah dicoret lantaran mendapat pelarangan dari Pemprov DKI Jakarta.

"Penggemar otomotif dunia hadir di sini dan disiarkan oleh 150 televisi dunia dan akan disaksikan minimal 1,8 miliar (orang) seperti (World Superbike) Mandalika kemarin," kata dia.

Baca juga: Motor Listrik Gesits Diklaim Telah Terjual Lebih dari 3.000 Unit

Ajang balap Formula E yang digelar di sekitar Stadion Olimpiade Beijing, China, September 2014.Youtube/Michelin Passion Ajang balap Formula E yang digelar di sekitar Stadion Olimpiade Beijing, China, September 2014.

Pada kesempatan yang sama, Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, Alberto Longo menyatakan, pihaknya akan melakukan studi kelayakan ke lima lokasi tersebut.

Alberto juga mengatakan, keputusan lokasi sepenuhnya ada di tangan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

"Mudah mudahan sebelum natal sudah ada keputusannya. Kita kan mengajukan proposal ke Presiden Indonesia, dan beliau lah yang akan mengambil keputusan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com