Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Kendaraan Listrik Digelar 24 November 2021

Kompas.com - 12/11/2021, 16:12 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran kendaraan listrik bertajuk Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 bakal diselenggarakan pada Rabu-Jumat, 24-26 November mendatang, di kawasan Puspitek, Serpong, Tangerang Selatan.

IEMS 2021 diinisiasi oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE) dengan mengusung tema besar "Innovation for Better Future e-Mobility".

Kepala Kantor B2TKE sekaligus Ketua IEMS 2021 Barman Tambunan menjelaskan total ada 30 pemain termasuk produsen di bidang kendaraan listrik yang bakal ikut berpartisipasi.

Baca juga: Motor Kustom yang Dipakai Jokowi Saat Jajal Sirkuit Mandalika

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendukung pengembangan motor listrik yang dilakukan Universitas Budi LuhurDok. UBL Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendukung pengembangan motor listrik yang dilakukan Universitas Budi Luhur

"Di antaranya Toyota, Hyundai, Gesits, Wuling, DFSK, beberapa perguruan tinggi, PLN, dan peserta lainnya yang tidak bisa kami sebutkan satu per satu," kata Barman dalam keterangan resminya, Jumat (12/11/2021).

Nantinya, IEMS 2021 dihelat dengan konsep Hybrid Exhibition dan Seminar, termasuk sejumlah talkshow, webinar, dan beberapa kegiatan lain seperti test drive berbagai kendaraan listrik.

Pameran ini merupakan bentuk dukungan BRIN bersama para pemangku kepentingan serta produsen kendaraan listrik dan komponen pendukungnya untuk memacu inovasi dan perkembangan kendaraan listrik di Indonesia.

Diharapkan pula IEMS 2021 jadi wadah untuk bertransaksi kendaraan listrik sekaligus meningkatkan minat masyarakat Indonesia terhadap jenis kendaraan tersebut.

Baca juga: Daftar Harga Daihatsu Xenia Terbaru, Mulai Rp 190 Jutaan

Salah satu kendaraan listrik karya dari Mobilijo Cutom  dipamerkan di pameran kendaraan listrik PNKJ 2021 di Borobudur, Sabtu (6/11/2021).Arif Nugrahadi Salah satu kendaraan listrik karya dari Mobilijo Cutom dipamerkan di pameran kendaraan listrik PNKJ 2021 di Borobudur, Sabtu (6/11/2021).

Barman turut mengatakan, bahwa BRIN jadi satu-satunya badan yang saat ini fokus mengembangkan riset teknologi usai peleburan 4 lembaga riset yakni LIPI, BATAN, LAPAN, dan BPPT.

Ia berharap para pelaku di industri kendaraan listrik tidak sekadar melihat BRIN sebagai laboratorium uji saja, tapi turut menjadi rekanan kerjasama dengan pihak swasta.

"Kami siapkan satu area test drive dengan lokasi layak dan luas, lahan uji coba charging station, sehingga pengunjung bisa melihat teknologi charging kendaraan listrik," ujar Barman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com