Kompas.com - 12/11/2021, 14:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sirkuit Internasional Mandalika kebanggaan Indonesia akhirnya telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (12/11/2021).

Setibanya di Bandara Internasional Lombok (BIL) Zainuddin Abdul Majid, Lombok Tengah, Jokowi akan langsung menuju pit building Sirkuit Mandalika, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, untuk meninjau ruang kontrol Sirkuit Mandalika.

Baca juga: Resmi, Daihatsu Luncurkan Xenia Terbaru

Sebelum meresmikan Sirkuit Internasional Mandalika, Presiden Joko Widodo juga berkesempatan menjajal sirkuit dengan sepeda motor custom warna hijau yang dimilikinya.

Dalam video yang diunggah akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat, Jokowi terlihat memakai baju hitam sambil memegang helm ke arah motor balap bertuliskan R1 yang diparkir di jalur sirkuit.

Presiden Joko Widodo saat menjajal Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat (12/11/2021).dok. Agus Suparto Presiden Joko Widodo saat menjajal Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat (12/11/2021).

Sementara di belakang motor Presiden, terdapat beberapa motor yang ikut menemani Presiden saat menjajal Sirkuit Mandalika. Terlihat juga Menteri BUMN Erick Thohir yang mengibarkan bendera start di pinggir lintasan.

Selain meresmikan Sirkuit, Presiden juga diagendakan untuk meresmikan jalan Baypass BIL-Mandalika sepanjang 17,5 kilometer. Jalan tersebut merupakan salah satu akses jalan menuju Sirkuit Madalika dari Bandara Internasional Lombok (BIL).

Baca juga: Daftar Harga Daihatsu Xenia Terbaru, Mulai Rp 190 Jutaan

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi didampingi oleh Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Sementara itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, menyambut hangat kedatangan Presiden Jokowi, di Bandara International Lombok.

Presiden Joko Widodo saat menjajal Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat (12/11/2021).dok. Agus Suparto Presiden Joko Widodo saat menjajal Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat (12/11/2021).

Gubernur yang disapa Bang Zul itu juga menyampaikan, kesiapan Provinsi NTB untuk menyukseskan perhelatan internasional yang akan diselenggarakan di NTB, yaitu Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) dan World Superbike 2021.

Baca juga: Tanggapan Pebalap Indonesia soal Kargo Ducati Dibuka Ilegal Panitia WSBK Mandalika

“Insya Allah, kami sudah siap menyambut event-event internasional tersebut, Pak Presiden. Kami juga bersyukur bahwa vaksinasi sudah maksimal, terbukti dengan sudah landainya pandemi Covid-19 di Provinsi NTB," kata Zul dalam keterangan tertulis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.