Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Berpotensi Mogok, Mitsubishi Indonesia Recall Xpander Cross Rockford Fosgate

Kompas.com - 19/10/2021, 18:35 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) melaksanakan pemanggilan kembali atau recall terhadap model Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition tahun produksi 2021.

Langkah tersebut seiring dilakukan karena ada potensi mesin mati mendadak ketika mobil dikendarai, sebagaimana dikatakan Presiden Direktur MMKSI Naoya Nakamura dlaam keterangannya, Selasa (19/10/2021).

"Ya. MMKSI telah mensubmit laporan recall produk ke Kementerian Transportasi RI, serta telah menginformasikan dan mengundang seluruh konsumen dengan mobil terlibat untuk berpartisipasi pada aktivitas ini," kata dia.

Baca juga: Terjebak Aquaplaning, Jangan Langsung Rem Mendadak

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition 2021KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition 2021

Adapun recall tersebut merupakan langkah lanjutan dari hasil investigasi yang dilakukan Mitsubishi Motor Corporations (MMC) setelah menemukan bahwa pemasangan komponen Around View Monitor (AVM) di model terkait memiliki potensi timbulnya masalah pada sistem lampu sein dan lampu hazard.

Ini berpotensi mengganggu jalur komunikasi dan informasi antar ECU kendaraan, serta menyebabkan mesin berhenti bekerja pada saat mobil dikendarai.

"Namun, secara aktual tidak ada kasus yang telah dilaporkan terkait hal ini. Aktivitas ini dilakukan dengan melepas komponen AVM yang terpasang pada mobil terlibat," ucap Nakamura.

Baca juga: Bye Bye Honda Jazz, Resmi Disuntik Mati di Thailand

Nakamura berharap pelanggannya dapat memahami bila aktivitas recall produk adalah cara yang tepat untuk memastikan mobil layak jalan. Aktivitas ini juga untuk memastikan agar konsumen terlindungi dari masalah yang tidak terduga.

Ia lantas meminta konsumen dengan unit terlibat dan telah menerima undangan resmi agar segera berpartisipasi dengan mengunjungi dealer resmi Mitsubishi.

"Agenda ini telah diselenggarakan sejak 4 Oktober 2021 di seluruh dealer dan bengkel resmi Mitsubishi Motors di Indonesia," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com