Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ban Lexus Copot di Tengah Jalan, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Kompas.com - 19/10/2021, 18:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Akun Indocarstuff di Instagram belum lama ini mengunggah video unik yang terjadi di jalanan. Jika dilihat di video singkat tersebut, satu unit Lexus LX mengalami kecelakaan tunggal di pinggir jalan.

Pada video tersebut, mobil berkelir hitam itu sudah berhenti di bahu jalan dengan menyalakan lampu hazard. Ketika dilewati oleh perekam, roda depan sisi kanan mobil terlepas, bahkan hingga merusak fender.

Beruntung mobil bisa berhenti di tempat yang aman, bukan di tengah jalan. Namun pada video tersebut tidak terlihat ke mana larinya roda depan Lexus LM tersebut.

Baca juga: Cara Mendapatkan Stiker Bukti Pembayaran Pajak Kendaraan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by SEMUA TENTANG MOBIL INDO ???????? (@indocarstuff)

 

Belum ada keterangan resmi di mana dan kapan kejadian itu terjadi. Jika melihat roda mobil yang terlepas saat dikemudikan, kemungkinan roda terlepas adalah mur roda yang kendur.

"Kalau mur dikencangkan sesuai standar torsinya, enggak masalah. Namun kalau tidak sesuai atau kendur, ketika terkena getaran dan putaran bisa terlepas," kata Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) kepada Kompas.com Selasa (19/10/2021).

Selain itu, jika melihat videonya, bagian hub dari roda memang tidak terlihat jelas. Fender yang rusak juga sepertinya karena ban yang terlepas.

Baca juga: Tabrakan Beruntun 4 Bus Pariwisata, Penumpang Berhak Tegur Pengemudi Bila Ugal-ugalan

Memasang mur roda juga jangan sampai terlalu kencang. Akibatnya, baut roda bisa patah. Patah ini juga bisa disebabkan saat melepas mur secara paksa, sehingga baut rodanya ikut patah.

"Baut yang patah bisa karena saat mengendurkan mur, posisinya miring sehingga sulit dilepaskan. Ketika dipaksa dibuka, akhirnya patah bautnya," ucap Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com