Kompas.com - 19/10/2021, 16:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Intesitas hujan mulai tinggi di beberapa wilayah Indonesia. Bagi pengendara yang masih aktif memacu kendaraannya patut waspada.

Perlu diingat, pada kondisi jalan basah atau genangan air, terdapat bahaya tersebunyi yaitu efek aquaplaning atau hydroplaning.

Seperti kecelakaan tunggal yang baru terjadi di tol Cijago arah Margonda ke Jagorawi, Senin (18/10/2021). Indisiden yang menyebabkan mobil terbalik itu diduga akibat dari aquplaning.

Pemerhati masalah transportasi Budiyanto mengatakan, aquaplaning merupakan suatu kondisi terbentuknya lapisan air diantara ban mobil dengan permukaan jalan.

Dalam situasi seperti ini, pengemudi akan kehilangan kontrol dan kendali karena lemahnya traksi (daya cengkram ban pada aspal).

Baca juga: Jadi Korban Tabrak Bus Sugeng Rahayu, Bahaya dari Belakang Memang Sulit Diprediksi

Aquaplaning secara empiris sangat berpotensi terjadinya kecelakaan. Faktor ketenangan dalam mengendalikan kendaraan bermotor saat dihadapkan situasi demikian sangat diperlukan,” ucap Budiyanto kepada Kompas.com, Senin (18/10/2021).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Info Depok (@infodepok_id)

Menurut Budiyanto, kebanyakan orang yang mengalami aquaplaning justru malah panik dan melakukan gerakan-gerakan spontan yang membuat situasi makin sulit untuk mengendalikan kendaraan, sehingga sangat berpotensi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Oleh sebab itu, perlu ada langkah-langkah mitigasi untuk memperkecil risiko yang akan terjadi.

“Pengemudi sebaiknya tetap tenang. Jangan menginjak pedal gas dan rem, atau justru memutar kemudi secara cepat. Ikuti arah pergerakan mobil hingga mendapatkan kembali kontrol atas kendaraan, setelah itu tekan pedal rem secara perlahan untuk mengurangi kecepatan,” ucapnya.

Baca juga: Tabrakan Beruntun 4 Bus Pariwisata, Penumpang Berhak Tegur Pengemudi Bila Ugal-ugalan

Jangan lupa periksakan kendaraan secra periodik untuk memastikan semua komponen mobil berfungsi dengan baik termasuk alur ban.

“Sebab, cara-cara yang salah dalam mengatasi situasi ketika terjadi aquaplaning, berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas,” kata Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.