Rekomendasi Tekanan Udara Ban Mobil yang Ideal

Kompas.com - 19/10/2021, 17:41 WIB
Ilustrasi ban mobil. PIXABAY/E BOUWENIlustrasi ban mobil.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap jenis mobil memiliki ukuran tekanan udara ban yang berbeda-beda dari kendaraan lainnya. Hal tersebut menyesuaikan model, dimensi, sampai bobot kendaraan terkait.

Untuk mengetahuinya secara pasti, pemilik atau pengguna dapat mencermati informasi tekanan ban (Tire-Loading Information) yang biasanya berada pada frame pilar pintu depan kanan mobil.

Jangan sampai abai, karena ukuran udara ban yang terlalu rendah berpotensi terjadinya kebocoran saat melintasi jalan berbatu. Sementara bila terlalu tinggi akan mengakibatkan aquaplaning saat lintasan basah.

Baca juga: Alasan Standar Samping Motor Ada di Bagian Kiri

Ilustrasi pengecekan ban mobil.Shutterstock Ilustrasi pengecekan ban mobil.

"Pada informasi yang tertera, biasanya terdapat 3 rekomendasi tekanan angin pada ban mobi disesuaikan dengan keadaan. Satu di antaranya, berat angkut di mobil itu sendiri karena semakin berat maka tekanan perlu dinaikkan pula," kata Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara, Selasa (19/10/2021).

Untuk informasi lebih detail tentang ukuran angin ban mobil standar pabrikan yang nyaman dan direkomendasikan pabrikan sebagai berikut:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

* Mobil MPV : (33-36) Psi;
* Mobil City Car : (30 – 36) Psi;
* Mobil Sedan : (30 – 33) Psi;
* Mobil SUV : (35 – 40) Psi.

Baca juga: Ganjil Genap Puncak Berlaku Lagi, Simak Lokasi Penyekatannya

Ukuran tekanan angin ban di atas merupakan rata-rata. Setiap tipe mobil mempunyai ukuran ban dan pelek yang berbeda, akibatnya tekanan angin ban masing-masing tipe mobil juga bisa berbeda.

"Tekanan angin ban berbagai model ini sudah mempertimbangkan aspek kenyamanan dan keselamatan. Agar lebih tepat, silahkan cek informasi terkait tekanan angin ban di pilar depan kanan," katanya lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.