Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joan Mir Sebut Suzuki Lebih Agresif Dibanding Yamaha

Kompas.com - 10/07/2021, 11:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di antara motor-motor MotoGP yang ada sekarang ini, hanya Suzuki dan Yamaha yang menggunakan konfigurasi mesin 4-silinder segaris. Sementara yang lainnya, menggunakan mesin V4.

Namun, meskipun GSX-RR dan YZR-M1 menggunakan konfigurasi mesin yang sama, bukan berarti karakter kedua motor ini juga sama. Bukan hanya karakternya, tapi juga gaya berkendara, serta keunggulan dan kelemahannya juga berbeda.

Baca juga: Disindir Marc Marquez, Ini Jawaban Telak Joan Mir

Joar Mir mengatakan, soal perbedaan dan persamaannya juga sulit untuk dijelaskan. Sebab, dia hanya bisa melihatnya dari luar.

Joan MirFoto: Suzuki Ecstar Joan Mir

"Itu adalah pertanyaan yang sulit. Itu sulit dijawab karena saya hanya lihat dari luar dan hasilnya," ujar Mir, dikutip dari Speedweek.com, Sabtu (10/7/2021).

Mir menambahkan, kedua motor tersebut tidaklah sama, meskipun keduanya sama-sama menggunakan mesin 4-silinder segaris. Namun, komponen yang digunakan cukup berbeda.

Baca juga: Joan Mir Akui Motornya Kurang Kuat untuk Pertahankan Gelar

"Anda bisa lihat para pebalap Yamaha membalap dengan cara yang berbeda dari Suzuki. Suzuki sedikit lebih agresif, motornya lebih bergerak, di satu sisi seperti V4 tanpa harus menjadi V4," kata Mir.

Sementara Yamaha sendiri, menurut Mir, lebih halus dan lebih lembut. Hanya itu yang bisa dia komentari dari Yamaha, motornya tidak seagresif Suzuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com