Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Patenkan Sistem Airbag Buat Skutik Sekelas PCX

Kompas.com - 22/06/2021, 10:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda sedang mengembangkan sistem airbag baru untuk sepeda motor. Bukan tak mungkin bahwa fitur keselamatan berkendara ini akan dipakai di jajaran skutik.

Mengutip Motosaigon.vn, belum lama ini muncul paten mengenai sistem airbag baru Honda, yang bikin menarik ialah dalam paten itu terlihat motor yang dipakai ialah Honda PCX.

Baca juga: Kesulitan di Moto2 Jerman, Pertamina Mandalika SAG Team Raih Poin

Dalam gambar yang bocor, terlihat sistem airbag baru untuk motor tersebut terletak di depan di bagian dalam panel instrumen. 

Sistem airbag baru Honda Foto: Motosaigon.vn Sistem airbag baru Honda

Karena patennya memakai gambar PCX, muncul indikasi bahwa Honda sedang mengembangkan sistem airbag buat motor-motor berkubikasi kecil termasuk buat skutik.

Sebab sebetulnya sistem airbag pada motor Honda bukan hal baru. Honda Gold Wing sudah memakai airbag sejak 2006 meski bersifat opsional. 

Ide memakai airbag pada motor muncul dari studi Honda mengenai kecelakaan fatal saat berkendara. Pada 2003, studi mengatakan 68 persen pengendara terluka serius ketika terjadi kecelakaan.

Baca juga: Perbedaan Mobil Transmisi Matik dan Manual Saat Melintasi Jalan Menurun

Sistem airbag baru Honda Foto: Motosaigon.vn Sistem airbag baru Honda

Airbag merupakan solusi untuk mengurangi fatalitas yang aman buat pengendara. Apalagi sistem kerja airbag sudah dikembangkan dan dipakai pada mobil.

Hanya saja pada motor perlu penyesuaian lebih terukur. Insinyur Honda bekerja agar airbag mengembang saat situasi yang tepat atau dibutuhkan.

Sistemnya cukup kompleks karena berkaitan dengan prediksi kecelakaaan, sudut motor, posisi motor dan lain sebagainya agar airbag dapat bekerja efektif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com