Salin Artikel

Honda Patenkan Sistem Airbag Buat Skutik Sekelas PCX

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda sedang mengembangkan sistem airbag baru untuk sepeda motor. Bukan tak mungkin bahwa fitur keselamatan berkendara ini akan dipakai di jajaran skutik.

Mengutip Motosaigon.vn, belum lama ini muncul paten mengenai sistem airbag baru Honda, yang bikin menarik ialah dalam paten itu terlihat motor yang dipakai ialah Honda PCX.

Dalam gambar yang bocor, terlihat sistem airbag baru untuk motor tersebut terletak di depan di bagian dalam panel instrumen. 

Karena patennya memakai gambar PCX, muncul indikasi bahwa Honda sedang mengembangkan sistem airbag buat motor-motor berkubikasi kecil termasuk buat skutik.

Sebab sebetulnya sistem airbag pada motor Honda bukan hal baru. Honda Gold Wing sudah memakai airbag sejak 2006 meski bersifat opsional. 

Ide memakai airbag pada motor muncul dari studi Honda mengenai kecelakaan fatal saat berkendara. Pada 2003, studi mengatakan 68 persen pengendara terluka serius ketika terjadi kecelakaan.

Airbag merupakan solusi untuk mengurangi fatalitas yang aman buat pengendara. Apalagi sistem kerja airbag sudah dikembangkan dan dipakai pada mobil.

Hanya saja pada motor perlu penyesuaian lebih terukur. Insinyur Honda bekerja agar airbag mengembang saat situasi yang tepat atau dibutuhkan.

Sistemnya cukup kompleks karena berkaitan dengan prediksi kecelakaaan, sudut motor, posisi motor dan lain sebagainya agar airbag dapat bekerja efektif.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/22/104200815/honda-patenkan-sistem-airbag-buat-skutik-sekelas-pcx

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.