Perbedaan Mobil Transmisi Matik dan Manual Saat Melintasi Jalan Menurun

Kompas.com - 21/06/2021, 16:12 WIB
Kondisi tanjakan dan turunan jalur darurat jembatan Kali Kenteng, di Susukan, Kabupaten Semarang, pada hari pertama fungsionaliasi ruas tol Salatiga-Kartasura, Jumat (8/6/2018) siang. kompas.com/ syahrul munirKondisi tanjakan dan turunan jalur darurat jembatan Kali Kenteng, di Susukan, Kabupaten Semarang, pada hari pertama fungsionaliasi ruas tol Salatiga-Kartasura, Jumat (8/6/2018) siang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat melewati jalan menurun, pengemudi kerap dituntut untuk lebih berhati-hati. Jangan sampai salah perilaku, sebab bisa berujung dalam kondisi yang berbahaya bagi keselamatan.

Paling utama, cek sistem pengereman sebelum bepergian, pastikan dalam kondisi masih normal. Paling tidak, bagian kampas rem masih tebal sehingga tidak memengaruhi kinerja rem. Selain itu, faktor lain ada pada cara berkendara masing-masing pengemudi.

Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso Suparman mengatakan, apabila jalan menurun cara pengoperasian antara mobil bertransmisi manual dan matik berbeda, meski tidak terlalu signifikan.

Baca juga: Banyak Pengemudi Bus Tak Paham Teknologi pada Kendaraannya

Untuk mobil transmisi manual pastikan untuk selalu menggunakan gigi rendah seperti dua atau tiga. Fungsi utamanya agar terjadi engine brake dan mobil tidak melaju dengan kecepatan tinggi.

“Kalau kondisi jalan kosong, jika menggunakan gigi empat atau lima, mobil akan melaju dengan lebih cepat ketimbang pakai gigi dua atau tiga,” ujar Suparman belum lama ini kepada Kompas.com.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mitsubishi Xpander Black Edition hadir dalam dua varian transmisi yakni manual dan AT. Mitsubishi menawarkan dua pilihan warna yakni quartz white pearl dan jet black mica. Xpander Black Edition dibanderol Rp 257,1 juta untuk transmisi manual dan Rp 267,5 juta untuk varian AT
APHIT McKlein Mitsubishi Xpander Black Edition hadir dalam dua varian transmisi yakni manual dan AT. Mitsubishi menawarkan dua pilihan warna yakni quartz white pearl dan jet black mica. Xpander Black Edition dibanderol Rp 257,1 juta untuk transmisi manual dan Rp 267,5 juta untuk varian AT

Lantas bagaimana dengan mobil bertransmisi matik?

“Tidak jauh berbeda, pengemudi tetap harus menggunakan transmisi rendah agar efek engine brake seperti mobil manual. Apabila sistem matik pada umumnya, maka ketika dari posisi D dipindahkan ke D2. Otomatis jika dipindah ke D2, kalau ibarat manual giginya akan pindah menjadi 1 atau 2,” kata Suparman.

Baca juga: Kenali Metode Penambalan Ban Tubeless pada Motor

Secara teori, itu hanya trik dasar ketika melewati jalan menurun, selebihnya disesuaikan dengan kondisi jalan.

“Pastikan kurangi kecepatan apabilan di turunan, agar pengemudi bisa mengendalikan mobil dengan sempurna,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.