Morbidelli Akui Sulit Salip Ducati di MotoGP Jerman

Kompas.com - 22/06/2021, 08:42 WIB
Franco Morbidelli saat sesi latihan bebas pada MotoGP Catalunya 2021. (Photo by Tiziana FABI / AFP) TIZIANA FABIFranco Morbidelli saat sesi latihan bebas pada MotoGP Catalunya 2021. (Photo by Tiziana FABI / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu pebalap Yamaha yang kesulitan pada MotoGP Jerman adalah Franco Morbidelli. Pebalap yang masih menggunakan Yamaha YZR-M1 2019 ini hanya bisa finis ke-18.

Morbidelli mengakui sudah melakukan kesalahan pada sesi kualifikasi, sehingga dirinya harus start jauh di belakang. Dia pun menyadari akan kesulitan saat balapan.

Baca juga: Finis Terakhir di Sachsenring, Balapan Terburuk Vinales di MotoGP

"Saat warm up, kami mencoba sesuatu untuk meningkatkan pengereman. Saya merasa sedikit lebih baik, tapi saat balapan saya tidak bisa menghentikan siapa pun, mustahil untuk menyalip," ujar Morbidelli, dikutip dari Speedweek.com, Senin (21/6/2021).

Franco Morbidelli saat sesi latihan bebas FP1 pada MotoGP Doha 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)KARIM JAAFAR Franco Morbidelli saat sesi latihan bebas FP1 pada MotoGP Doha 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

Morbidelli mengatakan, kesulitan terbesarnya balapan di Sachsenring adalah balapan di belakang banyak pebalap yang sulit untuk disalip. Dia tidak bisa menyalip dan terpaksa mengikuti di belakang.

"Kami memiliki masalah dengan top speed tahun lalu, tapi musim ini jadi lebih parah karena semua pebalap sudah lebih baik," kata Morbidelli.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Morbidelli Ancam Yamaha jika Tak Dapat Motor Baru

Saat balapan, bukan hanya Morbidelli yang mengalami masalah tersebut, tapi Maverick Vinales juga mengalaminya. Meski demikian, Morbidelli masih bisa finis di depan Vinales.

"Dia punya kecepatan lebih baik dari saya, itu mengapa dia punya kesempatan lebih baik untuk menyalip. Tapi tetap saja dia tidak bisa menyalip dengan slipstream, tapi harus mencoba saat mengerem. Menyalip Ducati saat mengerem tidaklah mudah," ujar Morbidelli.

Karakter Sachsenring memang banyak tikungannya, tapi tidak mudah untuk menyalip. Maka itu, banyak pebalap yang sebenarnya punya potensi untuk maju ke depan, tapi jadi tertahan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.