Wujud SUV Murah Hyundai Alcazar, Siap Tantang Rush-Terios

Kompas.com - 10/04/2021, 07:02 WIB
Ilustrasi Hyundai Alcazar CARSCOOPS.comIlustrasi Hyundai Alcazar

JAKARTA, KOMPAS.com – Bukan lagi sekadar bocoran, Hyundai secara resmi merilis gambar perdana Alcazar. Sport utility vehicle (SUV) murah yang khusus dikembangkan untuk pasar India dengan kapasitas tujuh penumpang.

Dilansir dari Autocar India, Alcazar mengusung basis yang sama dengan Hyundai Creta. Namun, SUV ini lebih panjang 150 mm menjadi 2.760 mm dibanding saudaranya.

Kondisi ini tentu memberikan ruang yang lebih lapang di interior, khususnya pada kursi baris ketiga. Dari luar, Alcazar tampak mirip dengan Creta. Namun terlihat lebih panjang pada bagian pilar C ke D.

Baca juga: Beli Xpander Harus Inden Lama, Konsumen Khawatir Tidak Dapat Diskon PPnBM

Ilustrasi Hyundai AlcazarCARSCOOPS.com Ilustrasi Hyundai Alcazar

Melihat eksteriornya, terlihat garis-garis tegas pada bagian depan yang mana terlihat sangat mirip dengan Creta.

Meskipun ada sejumlah perbedaan, seperti dengan hiasan krom, bumper depan yang terlihat kokoh, lampu yang menyatu dengan gril, hingga desain pelek yang terlihat unik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada kabinnya, tersedia pilihan konfigurasi enam tempat duduk dengan captain seat atau tujuh kursi dengan bangku baris kedua utuh.

Baca juga: Terbatas, Toyota Kijang Innova Limited Edition Harga Rp 400 Jutaan

Hyundai CretaHYUNDAI.com Hyundai Creta

Menariknya, bangku baris kedua memiliki mekanisme sekali sentuh untuk mengakses baris ketiga serta fungsi geser. Sehingga mempermudah akses penumpang bangku baris ketiga.

Sementara itu, dengan ketiga baris dalam posisi terpasang, masih ada 180 liter ruang bagasi yang tersedia. Ruang bagasi itu dapat ditingkatkan dengan melipat baris ketiga yang dapat direbahkan.

Menurut laporan Carscoops, Alcazar bakal menggendong mesin 2.000 cc bertenaga 159 PS atau sekitar 157 tk dengan torsi maksimal 192 Nm.

Baca juga: Kemenhub Resmi Terbitkan Aturan Larangan Mudik

Ilustrasi ruang interior Hyundai AlcazarPAULTAN.org Ilustrasi ruang interior Hyundai Alcazar

Ada pula pilihan mesin turbodiesel 1.5 liter U2 CRDi yang sama seperti Hyundai Creta. Mesin diesel itu bisa menghasilkan tenaga 115 PS atau sekitar 113 tk dengan torsi maksimal 250 Nm.

Hyundai belum mengumumkan harga jual Alcazar, namun melihat ukurannya, tampaknya mobil ini cocok bersaing dengan Toyota Rush dan lain-lain di segmen SUV murah tujuh penumpang Tanah Air.

Penggunaan mesin bensin 2.000 cc dan diesel 1.500 cc tentu jadi pilihan menarik di kelasnya. Namun perlu ditinjau lagi apakah sudah sesuai dengan keinginan konsumen Indonesia atau belum.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X