Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertolongan Pertama pada Kabin Mobil yang Terendam Banjir

Kompas.com - 20/02/2021, 16:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBanjir kembali melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya. Hujan deras yang berlangsung sejak Jumat (19/2/2021) hingga Sabtu (20/2/2021) pagi membuat berbagai wilayah terendam.

Selain merendam rumah, mobil yang ada di garasi pun jadi korbannya. Ketinggian banjir yang sampai di atas satu meter, tentu air bisa masuk ke kabin lewat selah-selah pintu sampai kaca.
Lalu bagaimana pertolongan pertama pada kabin mobil yang terendam?

CEO Makko Group Christopher Sabastian mengatakan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk pertolongan pertama kabin, yaitu cabut kelistrikan mobil dan evakuasi tanpa menyalakan mesinnya.

Baca juga: Daihatsu Sayangkan Banyak Pihak Salah Perhitungkan PPnBM Nol Persen

Kondisi interior mobil yang baru habis terendam banjir.Mivecblog.com Kondisi interior mobil yang baru habis terendam banjir.

"Bila interior sudah terendam air, jok sampai kacanya, jangan diapa-apakan dahulu. Paling karpetnya saja yang bisa dilepas sendiri dan bersihkan sampah yang ikut masuk," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kemudian, jika masih ada air yang menggenang, segera kuras sampai kering. Hal ini bisa dilakukan sembari menunggu mobil dievakuasi oleh bengkel resmi untuk dibersihkan lebih lanjut.

"Membersihkannya bisa menggunakan microfiber. Semua itu dilakukan dalam keadaan mobil diam, jangan dinyalakan," ujar Christopher.

Baca juga: Meski Pakai Mesin Toyota Hilux, Auto2000 Tak Bisa Maksimal Servis Maung Pindad

Selain itu, Operator Manager Autospa Bekasi Ario Hadi mengatakan, kerusakan bisa terjadi jika melakukan pembersihan interior tanpa berhat-hati.

"Busa jok bisa ikutan rembes, interior jadi lecet halus dan tidak bisa hilang, dan sebagainya. Masalah elektrik juga bisa terjadi karena kabel tidak dibersihkan dengan benar. Lebih baik serahkan bagian itu kepada ahlinya," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com