Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Vios Jadi Sedan Tunggal Penikmat PPnBM 0 Persen

Kompas.com - 16/02/2021, 12:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Vios menjadi sedan satu-satunya di Indonesia yang menikmati insentif fiskal berupa pengurangan tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) tahun ini.

Pasalnya, mobil tersebut telah memenuhi syarat pemberian relaksasi yaitu berkapasitas mesin kurang dari 1.500 cc, berpenggerak 4x2, dan diproduksi lokal dengan tingkat kandungan lokal di atas 70 persen.

Adapun insentif PPnBM akan diberikan dalam tiga tahap yang masing-masing berdurasi selama tiga bulan mulai Maret 2021 dengan besaran, 100 persen, 50 persen, dan 25 persen.

Baca juga: Bocoran Harga Mobil Toyota Usai Insentif PPnBM 0 Persen

Toyota Vios LimoStanly/Otomania Toyota Vios Limo

"TKDN Vios kini sebesar 75 persen. Tapi lebih jauh tentang relaksasi ini, kita pelajari dahulu," ujar Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam saat dihubungi Kompas.com, Selasa (16/2/2021).

Menurut catatan pabrikan, sebanyak 63 pemasok lapis pertama terlibat dalam kegiatan produksi serta ekspor kendaraan ini. Adapun pasar ekspornya ada 11 negara di kawasan ASEAN dan Timur Tengah.

Sementara Honda City, Honda Civic, serta seluruh sedan merek BMW dan Mercedes-Benz masih berstatus completely knocked down (CKD) dengan kandungan lokal di bawah 70 persen.

Melalui relaksasi tersebut, menurut bocoran dari sumber Kompas.com diperkirakan harga jual dari Vios bisa turun sampai Rp 55 juta - Rp 62 jutaan.

Baca juga: Spesifikasi Maung Pindad yang Dibeli Bupati Jember Terpilih

Ekspor Toyota Vios.TMMIN Ekspor Toyota Vios.

Sehingga, terbentuk estimasi harga baru sekitar Rp 249,9 juta sampai Rp 284,8 jutaan dari banderolan awal yaitu Rp 311,9 juta hingga Rp 346,8 juta.

Bicara spesifikasinya, Vios diperkasai mesin 2NR-FE berkapasitas 1.500 cc dengan teknologi dual VVT-i. Dapur pacu itu mampu merilis tenaga maksimum 105 dk dan torsi 140 Nm.

Fitur keselamatannya ada tujuh airbags, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA) dan Emergency Brake Signal (EBS), serta sabuk pengaman tiga titik pada seluruh kursi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com