Efek Pandemi, Penjualan Mobil Awal Tahun Masih Jeblok

Kompas.com - 16/02/2021, 12:21 WIB
Ilustrasi penjualan mobil. ISTIMEWAIlustrasi penjualan mobil.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan kendaraan roda empat di pasar dalam negeri pada awal tahun 2021 masih mengalami penurunan secara bulanan dan tahunan sebagai dampak pandemi virus corona alias Covid-19.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada periode tersebut realisasi penjualan dari pabrik ke diler atau wholesales tercatat hanya 52.910 unit.

Angka ini turun hingga 8 persen dari kinerja akhir tahun lalu yang sempat mencapai 57.507 unit atau 34 persen dibandingkan dengan Januari 2020 alias year-on-year dari 79.983 unit.

Baca juga: Mepet Avanza, Lebih Murah dari Rush, Ini Estimasi Harga Toyota Raize

Ilustrasi penjualan mobilKOMPAS.com/STANLY RAVEL Ilustrasi penjualan mobil

Lebih rinci, dalam data asosiasi ini ditunjukkan bahwa hanya beberapa merek tertentu yang mampu menjaga stabilitas performa penjualannya, terkhusus mobil yang sudah diproduksi di dalam negeri.

Sementara produsen yang mengandalkan pengadaan barang dari luar, seperti Nissan dan Peugeot, pada Januari 2021 hanya berhasil menjual 100 unit serta 34 unit, atau rata-rata tak lebih dari 4 unit per hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Memang, setiap awal tahun angka realisasi penjualan mobil di Indonesia selalu lebih kecil dibandingkan bulan sebelumnya. Hal ini dikarenakan adanya percepatan proses pengiriman untuk pembukuan tahunan.

Baca juga: Bocoran Harga Mobil Toyota Usai Insentif PPnBM 0 Persen

Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit.TAM Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit.

Sementara pada bagian produksi, terdapat penyesuaian terhadap nomor identifikasi kendaraan atau vehicle identification number (VIN) serta hal-hal serupa lainnya.

Adapun penguasa pasar di awal tahun, masih diperkasai oleh Toyota usai mencatatkan total penjualan sebesar 16.047 unit. Kemudian diikuti oleh Mitsubishi sebanyak 9.108 unit dan Daihatsu dengan 8.993 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.