Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Custom Yamaha XSR900, XR9 Carbona Bottpower

Kompas.com - 29/12/2020, 15:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha punya program khusus custom bernama Yamaha Yard Built. Program yang awalnya dimulai di Eropa itu terus berkembang dari tahun ke tahun.

Tahun ini ada sosok yang menarik yaitu Yamaha XR9 Carbona kreasi Bottpower. Konsepnya ala motor balap tapi juga memadukan berbagai gaya sehingga terlihat agresif.

Baca juga: Alternatif Bayar Pajak Kendaraan Bagi Warga DKI Selain di Samsat Induk

Menariknya adalah meski terlihat ekstrem, modifkasi motor yang memakai basis XSR900 ini sebetulnya bolt on. Bodinya berupa kit jadi tinggal pasang tanpa perubahan besar.

Yamaha XR9 Carbona BottpowerFoto: Paultan Yamaha XR9 Carbona Bottpower

Tim Bottpower mengatakan desain bodinya terinpirasi dari ajang balap naik gunung Pikes Peak Hill Climb. Karena itu tampilannya punya aura motor balap.

"XR9 dibuat berdasarkan pengalaman yang dikumpulkan di balapan Pikes Peak yang ikonik pada tahun 2017 ketika Bottpower menang dalam dua kategori dan finis keempat secara keseluruhan. Ide di balik XR9 juga sama, yaitu untuk menciptakan jenis sepeda motor dengan performa tingkat tinggi yang dikendarai di jalanan terbuka," tulis Bottpower di situs resmi, dikutip Selasa (29/12/2020).

Aura motor balap terlihat dari bagian buritan yang pendek. Pelat nomor datar di lampu depan. Kemudian ada pelat nomor di samping. Model knalpotnya juga pendek.

Yamaha XR9 Carbona BottpowerFoto: Paultan Yamaha XR9 Carbona Bottpower

Kit XR9 Carbona Bottpower terdiri dari penutup tangki bahan bakar dengan intake udara terintegrasi berbahan serat karbon, jok kulit Alcantara.

Bagian ekor dari serat karbon termasuk cover bernomor start di depan. Kit juga termasuk penutup radiator dengan sayap kecil, tempat plat nomor dan penutup sproket.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com