Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Bikin Tampilan Mesin Motor Jadi Seperti Baru Lagi

Kompas.com - 29/12/2020, 15:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring pemakaian, komponen pada motor menjadi terlihat kusam dan kotor meski sudah dicuci bersih. Kondisi ini tentunya cukup menjengkelkan.

Untuk membuatnya terlihat baru kembali, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengecat ulang. Namun, prosesnya yang memakan waktu dan biaya yang tak sedikit terkadang menjadi kendala.

Baca juga: Apa Itu Mesin Motor 2-tak dan Cara Bekerjanya

Namun, bagi pemilik motor yang ingin mencoba sendiri membuat tampilan mesin menjadi seperti baru lagi bisa saja. Ada bahan-bahan di rumah atau yang mudah ditemukan yang bisa digunakan untuk membersihkan mesin.

Ilustrasi deterjen bubuk dan cairSHUTTERSTOCK Ilustrasi deterjen bubuk dan cair

1. Deterjen

"Biasanya, untuk kerak yang tidak begitu membandel, tim Katros cukup mengandalkan deterjen untuk membersihkan mesin," ujar Andi Akbar, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Pria yang akrab disapa Atenx ini menambahkan, deterjen hanya cukup untuk membersihkan mesin saja. Jangan digunakan untuk membersihkan sekitar bodi.

"Selain ampuh untuk mengangkat kerak pada mesin, metode membersihkan menggunakan deterjen ini juga tergolong aman untuk tangan," kata Atenx.

Degreaser untuk bodi mobilwww.nusaadv.com Degreaser untuk bodi mobil

2. Multipurpose Degreaser

Menurut Atenx, degreaser ini merupakan cara yang cukup ampuh untuk membersihkan kerak yang membandel pada mesin.

"Caranya, cukup semprotkan degreaser pada sektor mesin. Tunggu lima hingga tujuh menit sampai kerak terbawa busa degreaser. Jika sudah, bisa sambil diimbangi dengan menyikat mesin agar kerak terangkat secara maksimal," ujar Atenx.

Baca juga: Benarkah Knalpot Racing Bisa Dongkrak Perfoma Mesin Motor?

Atenx menambahkan, saat sedang membersihkan dengan degreaser, jangan sampai tercampur dengan air atau terdapat kadar air di mesin. Sebab, dapat menurunkan efek degreaser, sehinga tenaganya berkurang saat mengangkat kotoran.

Mesin Motor.Shutterstock Mesin Motor.

3. Sitrun Bubuk

Sebagian orang mungkin asing dengan zat yang satu ini. Namun, sitrun bubuk atau asam nitrat cukup andal untuk membersihkan mesin yang sudah berumur dan kerak mesinnnya sudah membandel.

"Caranya, cukup campurkan sitrun dengan air, dengan perbandingan satu sendok makan dengan 250 ml air. Sebaiknya, campuran disimpan pada botol spray. Selanjutnya, tinggal semprotkan sitrun sambil menyikat mesin secara berulang-ulang dan diakhiri dengan bilasan air bersih," kata Atenx.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com