Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Fitur, Lebih Canggih Honda PCX atau Yamaha NMAX?

Kompas.com - 15/09/2020, 16:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Skutik bongsor saat ini banyak digunakan oleh pencinta otomotif, di antaranya All-New PCX dan Yamaha NMAX yang bertarung di segmen yang sama. Tentunya masing-masing punya ciri khas dan keunggulan.

Tim Kompas akan mulai mengupas perbandingan keduanya, terutama di sisi fitur dan teknologi. Paling menarik di segmen ini adalah fitur.

Jika melihat banderol termurah dari Yamaha NMAX yaitu Rp 28,545 juta dan Honda PCX Rp 29, 509 juta, sudah selayaknya konsumen mendapat bonus berupa fitur menarik.

Tidak hanya fitur canggih, kelengkapan dan utilitas juga menjadi kunci keduanya merebut hati konsumen, yang mayoritas adalah pria mapan.

Berikut detail pembahasannya:

Baca juga: Motor NOS, Investasi Pecinta Roda Dua

1. Mengusung bodi yang “bongsor”, sudah seharusnya PCX dan NMAX menyediakan bagasi lebih besar. Dari data teknis keduanya, PCX menyediakan ruang penyimpanan 25 liter. Helm full-face bisa masuk dan masih ada sisa.

Sementara itu, NMAX menyediakan ruang 23 liter. Uniknya, helm besar saat diletakkan harus dibalik karena kontur bagian bawah terdapat bagian yang menggelembung. Sama seperti PCX, masih ada sisa ruang untuk meletakkan jaket hujan atau barang lainnya.

Bagasi All-New Honda PCX dengan kapasitas 8 literFebri Ardani Saragih/KompasOtomotif Bagasi All-New Honda PCX dengan kapasitas 8 liter

2. Membuka tangki bensin yang ada di bagian konsol tengah, PCX menggunakan tombol di kunci kontak, sedangkan NMAX masih menggunakan kunci.

3. PCX dilengkapi power outlet di bawah setang, maksimal 12W dengan output 12 V-1A. Di sekitarnya, ada boks untuk meletakkan gadget. Sementara Yamaha NMAX belum dilengkapi dengan fitur ini.

Baca juga: Ini Dia Motor Nasional Pertama Malaysia

4. PCX memiliki Answer Back System, sistem yang akan menyalakan lampu sein dan mengeluarkan bunyi saat remote dipencet ketika pemilik mencarinya di area parkir. Lampu hazard juga ada pada skutik bongsor andalan Honda ini.

5. Idling Stop dan ACG Starter masih menjadi andalan Honda untuk PCX 150.

6. Yamaha NMAX diengkapi dengan ABS untuk membantu pengereman yang aman, sedangkan Honda mengandalkan Triple Pot Hydraulic Combined Brake.

Membandingkan fitur dan kelengkapan dengan harga keduanya, kira-kira mana yang paling value for money?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com