Salin Artikel

Teknik Ngerem Skutik di Turunan

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai skuter otomatik (skutik) relatif mudah, tinggal gas dan rem. Karena itu skutik banyak dipilih buat pengendara baru atau orang yang baru belajar naik motor.

Meski terkesan mudah bukan berarti bisa mengendarai skutik tanpa teknik. Cara mengerem dan buka tutup gas harus diperhatikan, sebab skutik nyaris tidak punya engine brake.

Agus Sani, Head of Safety Riding Wahana, Main Dealer motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang mengatakan, saat naik skutik salah satu yang mesti diperhatikan terutama pengendara baru ialah saat turunan.

"Saat turunan atau jalan menurun usahakan gas harus terisi tidak ditutup habis, karena jika di tutup habis maka motor akan loss atau mesin tidak membantu pengereman," kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain itu, untuk penggunaan rem, kata Agus, usahakan untuk selalu mengerem dengan kedua rem yakni depan dan belakang secara bersamaan agar pengereman lebih efektif.

"Jika sudah menguasai buka tutup gas dengan baik maka jari tangan usahakan untuk tidak selalu standbye di tuas rem kanan dan kiri," katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/15/182100815/teknik-ngerem-skutik-di-turunan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.