Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Disadari Kebiasaan Bikers Ini Bisa bikin Helm Bau Apak

Kompas.com - 23/06/2020, 17:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm merupakan salah satu perlengkapan yang wajib digunakan pemotor sat berkendara. Sebab memiliki fungsi utama yaitu untuk melindungi kepala ketika terjadi benturan.

Mengingat fungsinya yang begitu krusial, para pemilik kendaraan sebaiknya memahami bagaimana cara merawat helm agar selalu nyaman ketika digunakan.

Salah satu permasalah yang kerap dihadapi oleh para biker saat mengggunakan helm adalah, munculnya bau apak yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Helm yang bau apak tentunya sangat tidak nyaman digunakan. Apalagi saat dilepas, bisa-bisa kepala menjadi bau.

Baca juga: Masih Nekat Pakai Earphone saat Berkendara Motor?

Store Manager di RC Motogarage, Priadanis Nugroho Putra, mengatakan, helm yang bau apak kerap kali disebabkan oleh kebiasaan buruk dari biker itu sendiri.

Berkendara di era new normalIstimewa Berkendara di era new normal

“Biasanya ketika berpergian, tidak sedikit dari mereka yang terburu-buru hingga tidak sempat mengeringkan rambutnya. Terutama wanita yang memiliki rambut panjang,” kata Danis saat dihubungi Kompas.com, Selasa (23/6/2020).

Danis melanjutkan, menggunakan helm dalam kondisi rambut yang masih basah itu berbahaya. Sebab, bakteri akan menumpuk dan menghasilkan bau apak.

Baca juga: Cara Mencegah Knalpot Motor Mudah Bocor

“Terlebih lagi bagi pemotor yang sering menggunakan minyak rambut (pomade) sebelum berpergian. Kandungan minyak yang terdapat pada pomade bisa berdampak negatif terutama pada inner pad-nya,” katanya.

Hal tersebut bisa mengakibatkan kotoran makin menempel, dan bakteri juga semakin banyak. Alhasil, helm akan menjadi semakin bau. Tidak hanya itu saja, bagian dalam helm juga bisa cepat rusak.

Maka dari itu, Danis menyarankan pemotor sebaiknya tidak menggunakan helm saat kondisi masih basah, dan hindari pemakaian minyak rambut sebelum berkendara.

“Pastikan juga ventilasi helm masih bekerja dengan baik, agar sirkulasi udara dalam helm bagus sehingga tidak mudah menimbulkan bau,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com