Paten Bocor, Kawasaki Lagi Kembangkan Sistem Keselamatan Canggih

Kompas.com - 01/07/2020, 08:42 WIB
Teknologi Kawasaki Foto: Visordown Teknologi Kawasaki

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki sedang mengembangkan sistem keselamatan terpadu untuk sepeda motor. Sistem ini menggabungkan kamera, laser dan sistem navigasi agar motor dapat ''memahami'' situasi.

Dari gambar paten yang bocor terlihat Kawasaki berusaha memperbaharui sistem keselamatan roda dua. Bukan hanya ABS , kontrol traksi, dan suspensi elektronik tapi juga mampu memprediksi adanya bahaya potensial.

Baca juga: Akrapovic Ungkap Tenaga Ninja 250 4-Silinder Saat Dyno Test

Selain mengandalkan sensor, akselerometer, dan mesin, sistem baru ini juga mengumpulkan data dari jok pengendara. Sinyal itu akan diterima oleh kelistrikan motor atau IMU, dan memperlajarinya jika ada bahaya.

Teknologi Kawasaki Foto: Visordown Teknologi Kawasaki

Kamera di depan akan memantau jalan. Laser memperhitungkan berapa jarak motor dengan kendaraan lain. Datanya diolah sehingga pengendara punya cukup waktu menghindar jika kendaraan di depan terjadi kecelakaan.

Baca juga: Akrapovic Siapkan Knalpot Kawasaki Ninja ZX-25R, Harga Rp 20 Jutaan

Sistem ini juga akan berkerjasama dengan GPS sehingga dapat mengetahui kontur jalan yang dilewati termasuk tikungan tajam. Bahkan ditengarai bisa memberitahu jika pengendara mengantuk.

Sebetulnya hal seperti ini bukan cuma dilakukan Kawasaki. Beberapa produsen mobil dan motor juga melakukannya. Hanya saja karena tiap merek bersaing sehingga pengembangannya pun sendiri-sendiri.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X